Home » Cek Fakta » Cek Fakta: Video Viral Caleg Berteriak dan Stres karena Tidak Mendapat Suara

Cek Fakta: Video Viral Caleg Berteriak dan Stres karena Tidak Mendapat Suara

Retno Wahyuningtyas

Cek Fakta

Berita

Sebuah video berdurasi 26 detik dengan narasi caleg strees#bengkulu#pemilu#fyp viral di media sosial TikTok. Video tersebut berisikan gambar Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta suara seorang laki-laki yang berteriak dengan menggunakan bahasa Bengkulu “jadilah woi”.

Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun sosial media TikTok, pada 14 Februari 2024. Aksi pria yang berteriak tersebut direkam salah satu warga dan diunggah ke akun TikTok hingga viral disukai hingga 93.8 ribu.

Narasi yang muncul “Seorang Caleg Provinsi Bengkulu stress karena tidak mendapatkan suara di daerahnya,” tulis akun TikTok tersebut.

Konten yang disebarkan akun TikTok tersebut telah 2,8 juta kali ditonton dan mendapat beberapa komentar dari warganet.

Hasil penelusuran

Berdasarkan penelurusan yang dilakukan video tersebut diambil TPS 04, RT 07 RW 02 Kelurahan Kandang, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Video tersebut diambil di malam hari persis saat panitia sedang melakukan proses perhitungan suara.

Anggota KPPS di TPS 04 Kelurahan Kandang Andri Mardiansyah mengatakan, video viral tersebut terjadi di depan salah satu rumah warga persisnya di depan masjid Istiqomah. Namun ia menegaskan bahwa yang berteriak bukanlah seorang caleg DPRD Provinsi Bengkulu melainkan seorang anak yang berkebutuhan khusus.

“Saat kejadian saya belum tidur dan masih main game, memang dengar ada suara teriak-teriak itu anak laki-laki yang memang berkebutuhan khusus. Ia berteriak karena kehilangan sendalnya. Jadi bukan caleg yang setres tidak mendapatkan suara,” katanya, Jumat (16/02/2024).

Kesimpulan

Video yang diklaim seorang caleg di Provinsi Bengkulu stres karena tidak mendapatkan suara ternyata tidak benar. Faktanya, laki-laki yang berteriak adalah seorang anak berkebutuhan khusus yang berada di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

(Hoax) Viral Seorang Laki-laki di USA Mengubah Dirinya Menjadi Manusia Serigala

(Hoax) Video 100 persen Keberanian Tentara Indonesia Bongkar Siasat Licik Israel Pada Rafah

PENIPUAN, Undian Nasabah Livin Mandiri 

Leave a Comment