Home » Kesehatan Reproduksi » Fakta Tentang Payudara dan Kesehatannya

Fakta Tentang Payudara dan Kesehatannya

Fakta Tentang Payudara dan Kesehatannya

Kesadaran akan apa yang dianggap normal dan apa yang mungkin memerlukan perhatian medis membantu menjaga kesehatan payudara.

Bincangperempuan.com– Setiap payudara dapat memberi tahu banyak hal tentang kesehatan masing-masing perempuan. Untuk menjaga kesehatan payudara, kuncinya seorang perempuan harus memiliki pengetahuan memadai tentang kesehatan payudara. Berikut adalah beberapa fakta tentang payudara yang berhasil dirangkum tim Bincang Perempuan.

Bentuk payudara tidak harus simetris

Bagi kebanyakan orang bentuk dan ukuran kedua payudara tidaklah selalu sama. Perbedaan tersebut adalah hal yang wajar. Payudara dapat berkembang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Genetika, lemak tubuh, dan usia seseorang dapat memengaruhi bentuk payudara, areola, dan putingnya. Payudara dapat berubah sebagai respons terhadap kadar hormon yang berfluktuasi. So, no worries ya!

Seorang pakar kesehatan perempuan, Jennifer Wider, MD pernah menulis dalam bukunya “Got Teens? The Doctor Moms’ Guide to Sexuality, Social Media and Other Adolescent Realities,” mengatakan “Sesuatu yang membuat banyak orang merasa tidak nyaman adalah asimetri. Biasanya, karena alasan yang tidak kita ketahui, bagian kirinya yang sedikit lebih besar,” jelas Dr. Wider. “Tubuh kita pada umumnya tidak pernah simetris sempurna, jadi biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.” 

Baca juga: Payudara : Perkembangan, Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhinya 

Seperti halnya ukuran payudara, bentuk payudara juga bisa bermacam-macam. Beberapa payudara terletak tinggi di dada sementara yang lain menggantung rendah. Selain itu, puting seseorang mungkin lebih menonjol atau halus dan kurang terlihat dibandingkan orang lain.

“Semakin banyak orang yang melihat media sosial atau pornografi, mereka mungkin mendapat gambaran tentang payudara yang ‘seharusnya’ terlihat seperti,” kata Dr. Wider. “Kita perlu membuang ide itu karena tidak ada ukuran atau bentuk yang tepat.” Namun jika payudara atau puting tiba-tiba mulai tumbuh atau berubah bentuk secara tidak biasa, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan.

Baca juga: Obsesi Sensual pada Bra dan Payudara

Tidak ada Bra yang “terbaik”

Bra terbaik untuk seseorang tergantung pada kebutuhannya. Bra yang terbaik adalah yang memberikan kenyamanan pada payudara itu sendiri. Tidak ada bukti yang mendukung teori populer bahwa bra berkawat menyebabkan kanker payudara. Selain itu, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa bra dapat mencegah payudara kendur di kemudian hari. 

Namun, bra dapat memberikan banyak dukungan dan mengurangi nyeri bahu atau punggung. Jika bra terasa tidak nyaman atau nyeri terus berlanjut, mungkin bra tersebut tidak terpasang dengan benar. (**)

Tulisan ini diadaptasi dari Facts About Breasts and Breast Health dari health.com.

bentuk-bentuk payudara, kekerasan seksual, kesehatan reproduksi perempuan

Artikel Lainnya

Bolehkan Berhubungan Intim Saat Menstruasi  (1)

Bolehkan Berhubungan Intim Saat Menstruasi? 

Hal yang Jarang Diketahui Tentang Orgasme

Hal yang Jarang Diketahui Tentang Orgasme

Pembersih Daerah Miss V

Yuk Kenali Jenis Pembersih Daerah Miss V yang Kamu Butuhkan

Leave a Comment