Home » Cek Fakta » Keliru, Video Perempuan Hamil dan Melahirkan 9 Bayi Sekaligus

Keliru, Video Perempuan Hamil dan Melahirkan 9 Bayi Sekaligus

Retno Wahyuningtyas

Cek Fakta

Cek Fakta Video Perempuan Melahirkan 9 Anak

Bincangperempuan.com- Sebuah video yang memperlihatkan seorang perempuan hamil dengan kondisi perut amat besar, yang kemudian melahirkan sembilan bayi. Video tersebut juga diselingi dengan aktivitas perawatan sembilan orang bayi. Di Facebook, video berdurasi 14 detik itu dibagikan akun ini pada 30 Agustus 2022. 

Hingga artikel ini dimuat, video tersebut telah disaksikan lebih dari 12.000 kali dan mendapat lebih dari 6.200 komentar. Tangkapan layar video yang beredar di Facebook dengan klaim ibu mengandung dan melahirkan 9 anak sekaligus. Apa benar ini video perempuan yang mengandung dan melahirkan sembilan orang bayi?

Perempuan dalam video di atas adalah Huang Guoxian. Ia tidak mengandung sembilan bayi. Ia didiagnosis menderita sirosis hati, cairan di rongga perut dan tumor ovarium sehingga menyebabkan perutnya terus membengkak seara tidak wajar.

Untuk memverifikasi klaim di atas, Tim Cek Fakta Tempo mula-mula memfragmentasi video tersebut dengan menggunakan tool InVid. Selanjutnya penelusuran dilakukan dengan menggunakan reverse image tools Google dan Yandex.

Video yang memperlihatkan Huang Guoxian dengan kondisi perutnya yang membengkak secara tidak wajar pernah dimuat ke Youtube oleh kanal terverifikasi NYOOOZ TV pada 6 Agustus 2020 dengan judul “Mother of two suffers rare medical condition, her belly weighs 19 kg.”

Menurut kanal tersebut, dalam kondisi yang mengejutkan dan langka, seorang wanita berusia 36 tahun di Cina menderita kondisi medis misterius yang menyebabkan perutnya membengkak tak terkendali. Huang Guoxian adalah ibu dua anak dan beratnya 121 pon tetapi perutnya yang bengkak menyumbang 36 persen dari total berat badan.

Dilansir dari media lokal, mp.weixxin.qq.com, Huang Guoxian, 36 tahun, berasal dari Desa Dazhi, Kota Songqi, Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi Anshun. Pada sore hari tanggal 2 Agustus, reporter bertemu dengan Huang Guoxian di Desa Dazhi, dia berjalan perlahan dengan perut yang besar. “Ini menjengkelkan untuk bergerak sedikit,” katanya.

Perut ini sepertinya sudah menjadi bebannya. Wartawan melihat bahwa perutnya jauh lebih besar daripada wanita hamil. Kulit di perutnya telah merenggang sangat halus, dan pembuluh darahnya sangat jelas.

Huang Guoxian menunjuk ke tangan dan kakinya dan berkata bahwa bagian tubuhnya yang lain sangat kurus, tetapi beratnya sekitar 110 pon, dan perutnya lebih dari 40 pon. Huang Guoxian mengatakan bahwa perutnya dulunya rata, tetapi hanya dalam 2 tahun, dia tumbuh menjadi bola raksasa. Awalnya, dia hanya merasakan sakit, dan pergi ke klinik untuk meresepkan obat, tetapi tidak berhasil. Kemudian, perutnya juga tidak sakit, tapi terus membesar.

Penyakit Huang Guoxian telah menarik perhatian pemerintah setempat dan orang-orang yang peduli. Dia berkata bahwa baik pemerintah dan orang-orang yang peduli telah menyumbangkan uang untuknya. Dia menuliskan nama-nama pendonor satu per satu, berharap untuk pergi bekerja dan mengembalikan uang itu kepada orang-orang baik setelah dia sembuh.

“Wanita itu berada di rumah sakit setempat, di mana dia didiagnosis menderita sirosis hati, cairan di rongga perut dan tumor ovarium,” dikutip dari ordonews.com, 6 Agustus 2020. Para dokter sudah memompa cairan dari bagian perut tubuh, tetapi dengan cepat kembali. Menurut salah satu ahli, seorang wanita Cina mungkin memiliki tumor jinak yang langka, tetapi untuk memastikan diagnosis ini, perlu menjalani pemeriksaan di klinik yang baik.

Biaya semua prosedur di rumah sakit kota adalah $ 4300 (perjalanan, pemeriksaan, operasi). Tentu saja, Guoxian tidak memiliki uang sebanyak itu, jadi dia beralih ke publik. Wanita itu memiliki dua anak yang harus dijaga. Sang suami terus-menerus bekerja jauh di kota, hanya datang pada akhir pekan. Semua pekerjaan rumah dipikul oleh putranya yang berusia sepuluh tahun, karena Guoxian sekarang merasa sulit untuk berjalan dan bahkan berbaring.

Mengutip caak.mn, para dokter tidak mengizinkannya untuk segera dioperasi karena terlalu berisiko. Pertama, cairan dikeluarkan dari tubuh, dan kondisi pasien dipantau agar tidak memperburuk kondisi pasien. 

Namun, awal bulan ini, kesehatan Huang memburuk dan dia terpaksa menjadwalkan operasi untuk menguji risikonya. Selama operasi, para dokter mengeluarkan lebih dari 10 kg cairan dan alveoli. Jika ini ditambahkan ke cairan yang dikeluarkan dari tubuh sebelum operasi, volume total massa tumor dikatakan 40 kg.

Saat berbicara dengan seorang reporter TV, dia dengan berlinang air mata mengatakan bahwa dia berterima kasih atas perhatian publik terhadap seorang petani pedesaan yang sederhana seperti dia. 

Berdasarkan pemeriksaan fakta Tempo, video seorang perempuan dengan kondisi perut membesar dengan klaim tengah mengandung sembilan bayi adalah keliru.  Perempuan dalam video tersebut adalah Huang Guoxian dari Desa Dazhi, Kota Songqi, Provinsi Guizhou, Cina. Perut Huang Guoxian membengkak karena diagnosis sirosis hati, cairan di rongga perut, dan tumor ovarium.(**)

*) artikel ini direpublikasi dari Cek Fakta.com

https://www.facebook.com/watch/?v=1154551161939386&_rdc=1&_rdr
https://www.youtube.com/watch?v=L7ZRhld-o2A
https://mp.weixin.qq.com/s/-LlT6t2TwffF50jA_Fm-oA
https://ordonews.com/chinese-woman-has-a-very-large-belly-due-to-an-unknown-disease/
https://www.caak.mn/view/8285086/
https://wa.me/6281315777057
mailto:cekfakta@tempo.co.id

*) Artikel ini direpublikasi dari website cekfakta.com

cek fakta, Perempuan Hamil dan Melahirkan 9 Bayi

Artikel Lainnya

Cek Fakta soal vaksin HPV membuat mandul

[SALAH] Vaksin HPV Dapat Membuat Perempuan Mandul

[SALAH] Taylor Swift berterimakasih kepada Prabowo

[HOAKS] Uang dan Narasi Upah Kampanye di JIS Berlogo PKS

Leave a Comment