Home » Kesehatan » Kesehatan Reproduksi » Apa yang Perlu Diketahui tentang Hari Kebersihan Menstruasi

Apa yang Perlu Diketahui tentang Hari Kebersihan Menstruasi

Bincangperempuan.com- Hi BPer’s! Kalian tahu nggak sih kalau ada hari khusus buat ngebahas tentang menstruasi dan kebersihannya? Yup, hari itu namanya Hari Kebersihan Menstruasi, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Menstrual Hygiene Day.

Yuk, kenalan lebih dekat dengan hari yang penting ini dan apa aja yang perlu diketahui.

Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan menstruasi dan menghapus stigma serta tabu yang masih sering mengelilingi topik ini.

Di berbagai belahan dunia, menstruasi masih sering dianggap sebagai hal yang memalukan dan tabu untuk dibicarakan. Padahal, menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh setengah populasi dunia!

Kenapa harus tanggal 28 Mei?

Pasti pada penasaran nggak sih kenapa dipilih tanggal 28 Mei? Ada filosofinya, lho! Angka 28 melambangkan rata-rata siklus menstruasi yang berlangsung selama 28 hari. Sedangkan bulan Mei (bulan ke-5) melambangkan rata-rata durasi menstruasi yang biasanya berlangsung selama 5 hari.

Baca juga: Saatnya Mengakhiri Stigma Menstruasi

Lantas kenapa penting membahas kebersihan menstruasi?

Salah satunya karena berkaitan dengan kesehatan reproduksi.Menjaga kebersihan selama menstruasi sangat penting untuk mencegah infeksi pada organ reproduksi. Infeksi ini bisa berakibat serius jika tidak ditangani dengan baik.

Termasuk upaya menghapus stigma.Membicarakan tentang menstruasi secara terbuka, di ruang publik menjadi salah satu cara BPer’ s untuk menghilangkan stigma negatif dan mitos yang tidak benar seputar menstruasi, karena di beberapa wilayah perempuan ada banyak stigma soal perempuan yang mengalami menstruasi.

Menstruasi masih sering dianggap topik yang tabu dan memalukan. Padahal, dengan terbuka membicarakannya, kita bisa membantu menciptakan lingkungan yang lebih suportif dan inklusif. Ini juga bisa membantu para remaja putri yang baru mengalami menstruasi untuk merasa lebih nyaman dan tidak malu.

Lalu untuk kenyamanan. Menggunakan produk menstruasi yang tepat dan menjaga kebersihan bisa membuat BPer’s lebih nyaman dan percaya diri selama periode menstruasi.

Ada berbagai macam produk menstruasi yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Seperti pembalut, produk yang paling umum digunakan. Ada banyak jenis dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan BPer’s.

Ada juga tampon, ini ukurannya lebih kecil dan bisa dimasukkan ke dalam vagina. Cocok untuk yang aktif bergerak dan berolahraga. Beda ya dengan menstrual cup. Kalau menstrual cup bentuknya menyerupai cangkir kecil yang bisa dimasukkan ke dalam vagina untuk menampung darah menstruasi. Lebih ramah lingkungan karena bisa dipakai berulang kali.

Nah kalau BPer’s tidak ingin dipusingkan dengan menggunakan produk di atas bisa cukup dengan menggunakan celana menstruasi.Yakni celana khusus yang menyerap darah menstruasi, memberikan kenyamanan tanpa perlu menggunakan produk tambahan.

Baca juga: Yuk, Kenali 4 Fase dalam Siklus Menstruasi dan Olahraga yang Cocok

Menjaga kebersihan selama menstruasi

Hal lain yang harus BPer’s ingat adalah penting menjaga kebersihan selama menstruasi, karena beberapa alasan utama yang berkaitan dengan kesehatan fisik, kenyamanan, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Seperti mencegah infeksi bakteri,karena darah menstruasi adalah medium yang sangat baik bagi pertumbuhan bakteri. Jika produk menstruasi seperti pembalut atau tampon tidak diganti secara teratur, risiko infeksi seperti infeksi saluran kemih (ISK) atau infeksi vagina meningkat.

Termasuk menghindari Toxic Shock Syndrome (TSS), adalah kondisi langka namun serius yang bisa terjadi akibat penggunaan tampon yang terlalu lama. Hal ini disebabkan oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri Staphylococcus aureus.

Menggunakan pembalut atau tampon terlalu lama dapat menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar area genital. Selain itu, kelembaban yang berlebihan juga bisa menyebabkan ruam atau gatal-gatal. Mengganti produk menstruasi secara teratur dan menjaga area tersebut tetap kering, risiko ini dapat diminimalkan.

Kebersihan yang baik selama menstruasi membantu menjaga kenyamanan sepanjang hari. Mengganti produk menstruasi secara teratur dan membersihkan area genital dengan benar dapat mencegah bau tidak sedap yang seringkali membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri.

Praktik kebersihan yang buruk selama menstruasi dapat berdampak pada kesehatan reproduksi jangka panjang. Infeksi yang berulang atau tidak diobati dengan baik dapat mempengaruhi kesuburan dan kesehatan reproduksi secara umum.

Menjaga kebersihan selama menstruasi, BPer’s dapat tetap aktif dan produktif dalam kegiatan sehari-hari tanpa gangguan. Hal ini termasuk dalam mengikuti aktivitas sekolah, pekerjaan, olahraga, dan aktivitas sosial lainnya tanpa rasa khawatir.

Tips Menjaga Kebersihan Menstruasi

Ganti produk menstruasi secara teratur. Gunakan produk yang sesuai dengan aliran menstruasi dan aktivitas harianmu. Jangan malu untuk mencoba beberapa produk sebelum menemukan yang paling cocok. Pembalut dan tampon sebaiknya diganti setiap 4-6 jam sekali, atau lebih sering jika aliran darah banyak. Menstrual cup juga harus dikosongkan dan dibersihkan setiap 8-12 jam.

Cuci tangan. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti produk menstruasi untuk mencegah perpindahan bakteri.

Gunakan air dan sabun lembut. Membersihkan area genital dengan air hangat dan sabun lembut tanpa pewangi dapat membantu mencegah iritasi dan infeksi.Hindari penggunaan sabun dengan bahan kimia keras yang bisa mengiritasi kulit.

Pilih pakaian dalam yang nyaman. Gunakan pakaian dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat dan menjaga area tersebut tetap kering.

Hari Kebersihan Menstruasi adalah momen penting untuk mengingatkan kita tentang pentingnya menjaga kebersihan selama menstruasi dan menghapus stigma seputar topik ini. Menstruasi adalah bagian alami dari kehidupan dan seharusnya tidak perlu malu untuk dibicarakan. Melalui edukasi dan dukungan yang tepat, kita bisa menciptakan dunia di mana setiap orang merasa nyaman dan didukung selama menstruasi mereka.

Ingat, menstruasi bukanlah hal yang memalukan, melainkan bagian dari BPer’s yang harus dirayakan dengan kebanggaan dan kebersihan. Stay clean, stay confident!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Sebelum Membuang Pembalut, Ingat Hal Berikut Ini

Pembalut dan Pentyliner, Apa Bedanya?

Di Balik Stigma Menstruasi: Pengalaman Perempuan Indonesia

Leave a Comment