Home » Gaya Hidup » Kecantikan » Gak Mau Salah Pilih Skincare? Kenali Jenis dan Kondisi Kulitmu!

Gak Mau Salah Pilih Skincare? Kenali Jenis dan Kondisi Kulitmu!

Cindy Hiong

Kecantikan

Bincangperempuan.com-  BPer’s tentunya pernah ngerasa bingung waktu memilih skincare. Apalagi jenisnya banyak banget. Perkara untuk menghilangkan noda hitam saja, satu brand bisa mengeluarkan bermacam-macam jenis. Banyak banget kan produknya. Sampe galau menentukan mana yang paling cocok sama kondisi kulit wajah sendiri.

Hal ini lumrah kok BPer’s. No need worry ya. Tentunya biar nggak salah memilih, BPer’s harus mengenali kondisi dan jenis kulit wajah sendiri. Apakah masuk kategori berminyak atau sebaliknya. Ini penting untuk menghindari masalah-masalah yang akan muncul ke depannya. Apalagi area kulit wajah adalah bagian yang sensitif.

Ibarat make sepatu ya BPer’s , kalau nggak sesuai ukuran plus warna yang match, asli rasanya bakalan bikin nggak nyaman sepanjang hari. Salah-salah malah ikut buat mood ambyar.

Baca juga: Memilih dan Mencuci Bra dengan Benar

Jenis-jenis kulit wajah

Pemilik Klinik Kecantikan sekaligus akupuntur di Bengkulu, dr. Anarulita Muchtar mengatakan ada lima jenis kulit wajah. Yakni pertama kulit normal, merupakan jenis kulit yang paling ideal, karena tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Memiliki keseimbangan minyak dan tingkat kelembapan yang baik, terlihat sehat dan terasa kenyal.

Kedua, jenis kulit kering, merupakan jenis kulit yang kurang produksi minyak alami, gampang iritasi dan mengelupas. Cenderung bersisik atau memiliki permukaan yang kasar terutama di area tertentu seperti pipi, dahi, dan sekitar hidung, dengan pori-pori yang mudah terlihat akibat kelembapan kulit yang rendah. Kulit jenis ini mudah mengalami iritasi dengan tanda-tanda seperti kemerahan, gatal, dan meradang.

Ketiga, kebalikan dari jenis kulit kering yakni jenis kulit berminyak. Jenis kulit ini memiliki produksi minyak berlebih, gampang jerawatan dan komedo. Kulit berminyak memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

“Kemudian ada jenis kulit kombinasi, merupakan kombinasi antara kulit kering dan berminyak di area tertentu. Serta kulit sensitif yang gampang mengalami iritasi akibat pengaruh produk yang tidak cocok serta faktor lingkungan,” paparnya.

Baca juga: Mengatasi Emotional Baggage: Menjadi Perempuan Bahagia

Kondisi kulit wajah

Selain mengetahui jenis kulit sebelum memilih skincare, Anarulita menambahkan BPer’s juga harus memperhatikan kondisi kulit wajah. Apakah sedang berjerawat, kusam, atau mengalami masalah kulit lainnya. Hal ini akan membantu BPer’s memilih produk yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Anarulita mengatakan ada beberapa cara untuk mengenali jenis kulit wajah. Pertama dengan mengamati tesktur wajah, apakah memiliki tingkat berminyak yang cukup tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan kertas minyak atau tissu wajah. Caranya cukup sapukan kertas minyak atau tissu pada wajah yang sudah bersihkan dan diamkan selama tiga atau empat jam tanpa menggunakan kosmetik apapun. Jika ditemukan noda minyak yang cukup banyak hal pada kertas minyak atau tissu, hal tersebut menandakan wajah BPer’s termasuk kategori berminyak. Sebaliknya jika kertas minyak atau tissu tidak menempel sama sekali, artinya kulit wajah BPer’s termasuk kategori kering. Sementara jika tidak ditemukan noda minyak sama sekali pada  kertas minyak atau tissu, artinya masuk kategori kulit wajah normal. Sedangkan jika hanya ada noda pada daerah-daerah tertentu, hal tersebut mengindikasikan jenis kulit kombinasi.

Kemudian dengan melakukan tes kulit untuk mengetahui apakah ada alergi atau tidak. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengoleskan cairan pada area kecil di wajah dan tunggu selama 24 jam. Jika tidak ada alergi berupa bentol-bentol atau ruam, ini mengindikasikan produk tersebut aman untuk digunakan.

“Namun jika ragu,bisa melakukan konsultasi langsung ke dokter,” imbuh Anarulita.

Memilih Skincare yang tepat

Setelah BPer’s tahu jenis dan kondisi kulitmu, barulah bisa memilih skincare yang tepat. Perhatikan kandungan dan manfaat produk, serta pastikan sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

  • Baca label yang menempel pada kemasan dengan seksama. Perhatikan kandungan bahan aktif, hindari bahan yang berpotensi iritasi.
  • Pilih jenis skincare sesuaikan dengan jenis dan kondisi Kulit. Hal ini bisa dilihat dari produk yang diformulasikan khusus untuk jenis dan kondisi kulitmu.
  • Ingat usia BPer’s, penting untuk memilih produk yang sesuai dengan usia. Tentunya untuk BPer’s yang masih berusia under 27 tahun belum memerlukan skincare yang mengandung anti aging bukan? Namun ketika usia BPer’s sudah masuk ke angka 27 direkomendasikan untuk menggunakan skincare yang mengandung anti aging, karena pada usia tersebut kulit wajah mulai mengalami proses penuaan.
  • Pilih ukuran sampel menjadi opsi aman sebelum BPer’s membeli dengan kemasan yang lebih besar. Sehingga BPer’s dapat mencoba sample terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada alergi.
  • Luangkan untuk riset review produk yang akan BPer’s beli, sehingga BPer’s memiliki pertimabngan kenapa harus membeli produk tersebut.

Skincare bukan satu-satunya faktor yang menentukan kesehatan kulit. Namun gaya hidup mulai dari pola makan bergizi, minum air putih yang cukup, dan istirahat yang cukup juga berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit,” pungkas Anarulita.

Yuk, rawat kulitmu dengan bijak!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Intip, 4 Style Makeup Populer yang Bisa Kamu Coba!

Leave a Comment