Home » News » Memilih dan Mencuci Bra dengan Benar

Memilih dan Mencuci Bra dengan Benar

Cindy Hiong

Kesehatan, News

Memilih dan Mencuci Bra dengan Benar

Bincangperempuan.com- Hii..BPer’s! Pernah nggak sih kalian merasa nggak nyaman dengan bra yang dipakai? Mungkin itu karena ukuran bra yang kalian pilih kurang pas. Memilih ukuran bra yang tepat bukan hanya soal penampilan, tapi juga kesehatan dan kenyamanan kita sehari-hari. Bra yang ukurannya tidak pas bisa menyebabkan nyeri di area bahu, punggung, dan dada. Misalnya, bra yang terlalu kecil bisa menekan dan membuat kulit jadi merah serta iritasi. Sedangkan bra yang terlalu besar tidak akan memberikan dukungan yang cukup sehingga membuat payudara terasa tidak nyaman saat bergerak.

Selain itu, bra yang ukurannya tepat akan memberikan dukungan yang optimal untuk payudara kita. Dukungan ini penting agar payudara tetap pada posisinya dan tidak terlalu banyak bergerak saat kita beraktivitas. Terutama saat olahraga, bra dengan dukungan yang baik bisa mencegah nyeri dan cedera.

Bra yang pas juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh kita. Bra yang memberikan dukungan yang baik akan membantu menjaga posisi tulang belakang kita tetap lurus, sehingga kita bisa berdiri dan duduk dengan lebih tegap. Postur yang baik bukan hanya membuat kita terlihat lebih percaya diri, tapi juga mencegah masalah kesehatan di kemudian hari. Bra yang tepat bisa memperbaiki bentuk payudara dan membuat pakaian yang kita kenakan terlihat lebih bagus. Ukuran yang pas akan membuat payudara terlihat proporsional dan pakaian akan lebih rapi di badan. Ini tentu saja akan meningkatkan rasa percaya diri kita.

Menggunakan bra dengan ukuran yang salah dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pada peredaran darah, masalah kulit, hingga masalah pada jaringan payudara. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan ukuran bra yang kita pakai benar-benar sesuai. Bra yang tepat akan memberikan kenyamanan sepanjang hari. Kita bisa beraktivitas tanpa merasa terganggu atau harus sering membetulkan posisi bra. Kenyamanan ini sangat penting untuk menjaga mood dan produktivitas kita setiap harinya.

Baca juga: Vasektomi, Upaya Melawan Ketidaksetaraan Gender

Memilih Bra yang Tepat

Nah, buat kamu yang masih bingung gimana cara memilih dan merawat bra dengan benar, yuk simak tips berikut ini. Dijamin kamu bakal merasa lebih nyaman dan percaya diri setiap hari!

  • Ukuran yang Pas. Pertama dan paling penting, pastikan kamu tahu ukuran bra yang benar. Banyak perempuan yang salah ukuran bra dan akhirnya merasa nggak nyaman. Cara paling gampang, ukur lingkar dada dan lingkar bawah dada BPer’s pakai pita ukur, lalu cek tabel ukuran bra yang sesuai.
  • Pilih Model yang Sesuai. Ada banyak banget model bra, dari push-up, balconette, bralette, sampai sports bra. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas BPer’s. Misalnya, untuk olahraga, pilih sports bra yang memberikan support ekstra.
  • Material yang Nyaman. Bahan bra juga penting banget, lho! Pilih yang lembut dan breathable seperti katun atau microfiber biar kulit kamu tetap bisa bernapas dan nggak mudah iritasi.
  • Warna dan Desain. Selain nyaman, bra juga harus bikin kamu merasa cantik. Pilih warna dan desain yang kamu suka, yang bisa bikin kamu makin percaya diri. Bra yang cute dan stylish pasti bikin hari kamu lebih ceria!

Jadi BPer’s, jangan anggap remeh urusan memilih bra yang pas, ya! Betapa pentingnya bra yang pas dan nyaman. Bukan cuma buat penampilan, tapi juga buat kesehatan dan kenyamanan sehari-hari.

Baca juga: Sebelum Membuang Pembalut, Ingat Hal Berikut Ini

    Cara mencuci bra dengan benar

    Nah selain memilih, penting juga untuk BPer’s tahu bagaimana mencuci bra dengan benar. Mungkin ada di antara kalian yang bertanya-tanya, “Kenapa sih, mencuci bra harus pakai cara khusus segala?” Karena bra biasanya dibuat dari bahan yang elastis untuk memberikan dukungan dan kenyamanan. Jika BPer’s mencuci bra dengan cara yang salah, elastisitas bahan tersebut bisa cepat rusak.

    Selain itu bra yang kotor bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, jamur dan bisa menyimpan bau tidak sedap dari keringat dan minyak tubuh. Mencuci bra dengan benar memastikan bahwa kotoran, minyak, dan keringat yang menempel benar-benar hilang. Ini penting untuk mencegah iritasi kulit atau infeksi yang bisa disebabkan oleh bra yang tidak bersih. Mencuci bra dengan cara yang tepat memastikan bra selalu bersih dan segar, sehingga kita merasa lebih nyaman dan percaya diri saat memakainya

    • Cuci Tangan Lebih Baik. Untuk menjaga bra tetap awet, sebaiknya cuci tangan pakai deterjen yang lembut. Rendam bra selama beberapa menit di air dingin, lalu gosok perlahan di bagian yang kotor. Hindari meremas atau menarik terlalu keras, ya!
    • Pakai Laundry Bag. Kalau kamu lebih suka cuci mesin, pastikan bra dimasukkan ke dalam laundry bag biar nggak mudah rusak. Pilih mode cuci yang lembut dan pakai air dingin.
    • Hindari Pengering Mesin. Pengering mesin bisa merusak elastisitas bra. Sebaiknya jemur bra dengan cara digantung di tempat yang teduh dan berangin. Hindari sinar matahari langsung karena bisa membuat warna bra cepat pudar.
    • Simpan dengan Rapi. Setelah kering, simpan bra dengan rapi di laci khusus. Hindari melipat cup bra agar bentuknya tetap terjaga. Kamu juga bisa menyimpan bra dengan cara digantung menggunakan hanger khusus bra.

      Nah, itu dia tips memilih dan mencuci bra yang bisa bikin kamu selalu nyaman dan tampil stylish. Selalu ingat, bra yang nyaman adalah investasi buat kesehatan dan penampilan kamu. Happy bra shopping and washing, BPer’s.

      Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

      Artikel Lainnya

      Perempuan Menghadapi Ketidakadilan Pembangunan dan Krisis Ekologi

      Perempuan Padek Minta Bebaskan Bahusni dan Hentikan Kriminalisasi Petani Kumpeh

      Resep Data : Memetakan Kondisi Kerja Jurnalis Perempuan di Bengkulu

      Leave a Comment