Home » Cek Fakta » [HOAKS] Uang dan Narasi Upah Kampanye di JIS Berlogo PKS

[HOAKS] Uang dan Narasi Upah Kampanye di JIS Berlogo PKS

Retno Wahyuningtyas

Cek Fakta

BERITA

Di media sosial beredar unggahan berupa foto amplop berisi uang yang diklaim diberikan saat kampanye di Jakarta International Stadium (JIS). Namun, setelah ditelusuri narasi tersebut keliru dan salah konteks.

Sebagai konteks, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menggelar kampanye akbar  di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, pada Sabtu (10/2/2024). Kampanye tersebut merupakan yang terakhir dilakukan sebelum hari pemilihan pada 14 Februari 2024. 

Unggahan berupa amplop berisi uang yang diklaim dibagikan saat kampanye di JIS muncul di media sosial, salah satunya dibagikan oleh akun Facebook ini (arsip). Akun tersebut membagikan foto yang memperlihatkan dua amplop berisi uang, salah satu amplop berwarna kuning bergambar logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Gambar tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

Lumayan dapat amplop ikut kampanye di JIS. Akun Facebook Gambar amplop berisi uang yang diklaim dibagikan saat kampanye di JIS

HASIL CEK FAKTA

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri foto tersebut dengan teknik reverse image search.
Hasilnya, foto identik dengan yang ada di laman Kompas.com ini dan telah diunggah pada 2019.  Dalam keterangannya, foto tersebut adalah amplop yang diterima oleh Sulimin, warga  Grobogan, Jawa Tengah dari salah satu caleg DPRD Grobogan‎ pada Pemilu 2019.  Sehingga, dapat dipastikan bahwa foto amplop berisi uang tersebut tidak terkait dengan kampanye di JIS.
Dalam foto asli juga tidak terdapat logo PKS pada amplop tersebut.

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, pada 2019 aksi bagi-bagi uang sejumlah caleg  mewarnai pesta demokrasi di Kabupaten Grobogan. Aksi tersebut mulai digencarkan pada 16 April hingga 17 April 2019. Dalam praktiknya, para caleg tidak terjun langsung ke lapangan untuk membagikan amplop kepada warga. Namun, mereka memasrahkan amplop berisi uang kepada tim sukses untuk dibagikan kepada warga di daerah pilihnya. 

KESIMPULAN

Unggahan berupa foto amplop berisi uang yang diklaim dibagikan saat kampanye di JIS keliru dan salah konteks. Faktanya, foto aslinya adalah amplop yang diterima oleh Sulimin, warga Grobogan, Jawa Tengah dari salah satu caleg DPRD Grobogan‎ pada Pemilu 2019.

Rujukan

https://www.facebook.com/groups/857398602786615/permalink/906930474500094/?mibextid=uJjRxr
https://ghostarchive.org/archive/StPUr
https://regional.kompas.com/read/2019/04/18/12350331/mengintip-aksi-bagi-bagi-uang-caleg-di-grobogan-mulai-rekrut-preman-hingga?page=all
https://regional.kompas.com/read/2019/04/18/12350331/mengintip-aksi-bagi-bagi-uang-caleg-di-grobogan-mulai-rekrut-preman-hingga?page=all
https://t.me/kompascomupdate

*) Artikel ini direpublikasi dari website cekfakta.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Hoax

Artikel Lainnya

[HOAKS] Hasil Survei Pilpres 2024 dari Guru Besar IPB

Cek Fakta Video Perempuan Melahirkan 9 Anak

Keliru, Video Perempuan Hamil dan Melahirkan 9 Bayi Sekaligus

(Hoax) Video 100 persen Keberanian Tentara Indonesia Bongkar Siasat Licik Israel Pada Rafah

Leave a Comment