Home » Cek Fakta » (Informasi Palsu): Makhluk Kanker Menjauh Bila Dekat Bawang Putih, dan Semakin Menempel Bila Dekat Emas 

(Informasi Palsu): Makhluk Kanker Menjauh Bila Dekat Bawang Putih, dan Semakin Menempel Bila Dekat Emas 

Berita

Pada pertengahan Mei 2024 lalu, beredar sebuah informasi di aplikasi Snack Video dengan nama pengguna FAB_Brown (centang biru) di link berikut ini https://s.snackvideo.com/p/fvjYdT1y yang membagikan unggahan mengenai tentang video sepotong daging dengan bentuk lingkaran hitam yang diletakkan ke dalam piring dan bergerak ketika diberikan bawang putih. Video itu disukai oleh 31.700 pengguna, 789 komentar, dan dibagikan sebanyak 22.500 kali.

Narasi dalam video ini dipaparkan dengan menyertakan kata-kata seperti “Makhluk Kanker” dan terdapat penjelasan video “inilah potongan kanker setelah dikeluarkan dari tubuh pasien, kanker itu makhluk hidup didekatkan bawang putih ida menjauh, tapi dikasih emas dia mendekat”. “Itu sebabnya di dalam tubuh dia beranak dan memakan darah dan daging”.

Hoaks kanker dan bawang putih

Penjelasan lanjutan dari video itu, di detik ke 14 yakni “Rosulullah SAW melarang kaum pria memakai emas karena partikel emas itu akan mengendap dalam darah, sedangkan bagi kaum Wanita akan keluar bersama darah kotor haid”. Pada slide terakhir terdapat narasi “Subahanallah, 14 abad silam ternyata sudah diajarkan oleh Rosulullah SAW baru sekarang terungkap rahasianya”

Snack Video Hoak Kanker dan Bawang Putih
Hoaks kanker dan bawang putih

Di bagian akhir video, narasi mengenai larangan penggunaan emas oleh laki-laki, kembali ditayangkan dengan latar belakang video yang menampilkan emas yang diletakkan di piring dan seketika daging mendekat seperti magnet.

Penelusuran Fakta

Bincang Perempuan mencoba melakukan penelusuran fakta dengan  menggunakan tools Google Lens. Hasilnya, ditemukan bahwa ternyata video itu merupakan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Pada tahun 2015, video serupa pernah beredar di platform facebook dengan link sebagai berikut: https://archive.cob.web.id/archive/1671965541.589664/singlefile.html. Namun tidak ditambahkan audio ceramah ataupun ayat-ayat Quran, berbeda dengan video yang beredar pertengahan Mei 2024 lalu.

Untuk menyanggahnya, terdapat penjelasan dari salah satu dokter yang membantahnya ialah Dr Sonar Soni Panegoro, SpB(K) Onk di RS Kanker Dharmais. Ia menyatakan bahwa video tersebut adalah hoaks. Sebab, sel apa saja yang keluar dari tubuh akan mati kecuali dikultur atau dibiakkan dalam media tertentu. Selain itu, pada tahun 2022 muncul juga penjelasan dari pakar lainnya, dr. Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD yakni seorang Ahli Molecular Pathology dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), menjelaskan bahwa sel kanker akan mati jika diletakkan di piring, tidak bergerak-gerak seperti dalam video tersebut. Sel-sel kanker “dijaga hidup” apabila berada dalam media khusus.

Selanjutnya, dr. Tonang menjelaskan bahwa dalam penelitian, bawang putih (garlic) memang dilaporkan mengandung beberapa zat yang membantu tubuh manusia melawan sel kanker. Tapi tidak berarti seolah-olah sel kanker didekati bawang putih menjauh seperti dalam video. “Ada proses yang kompleks,” tegasnya. Benda yang diklaim sebagai sel kanker tersebut adalah ferrofluid. Ferrofluid adalah cairan yang tertarik ke kutub magnet. Ini adalah cairan koloid yang terbuat dari partikel feromagnetik atau ferrimagnetik skala nano yang tersuspensi dalam cairan pembawa (biasanya pelarut organik atau air).

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim sel kanker menjauh jika didekati bawang putih adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan atau informasi palsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Informasi Palsu

Artikel Lainnya

Hoax: Satire Terkait Video tentang Kota Bengkulu 

(Hoax) Viral Seorang Laki-laki di USA Mengubah Dirinya Menjadi Manusia Serigala

Hoaks! Gojek bagikan THR

Hoaks! Gojek bagikan THR ke mitra ojek daring sebesar Rp1,8 juta

Leave a Comment