Home » News » Lebih dari Sekedar Finansial, Alasan Gen Z Menunda Pernikahan

Lebih dari Sekedar Finansial, Alasan Gen Z Menunda Pernikahan

Bincangperempuan.com- Siapa sangka, anak muda zaman sekarang lebih melek finansial? Buktinya, baru-baru ini muncul tren di TikTok di mana mereka memilih menunda pernikahan demi mencapai kematangan finansial.

Alasan di balik tren ini bukan sekadar gaya-gayaan lho, BPer’s! Gen Z melihat banyak contoh pernikahan yang terhambat masalah finansial, seperti anak yang tidak terjamin pendidikannya, gizi buruk, dan mimpi yang terkubur karena keterbatasan ekonomi orang tua.

Ketakutan ini mendorong Gen Z, generasi yang terkenal dengan standar hidup yang tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, untuk memprioritaskan kematangan finansial sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Bagi mereka, menikah tanpa persiapan finansial yang matang hanya akan menambah beban dan menghambat masa depan.

Sikap Gen Z ini patut diapresiasi! Menunda pernikahan demi stabilitas finansial merupakan langkah dewasa dan bertanggung jawab untuk membangun keluarga yang bahagia. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang terburu-buru menikah di usia 20-an, Gen Z mendobrak tradisi dan fokus menyelesaikan permasalahan ekonomi terlebih dahulu.

Keputusan Gen Z menunda pernikahan ini bukan berarti mereka anti-pernikahan. Justru, mereka ingin membangun pernikahan yang kokoh dan bebas dari tekanan finansial. So, buat kamu yang masih bingung, boleh nih contoh Gen Z untuk menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab sebelum melangkah ke jenjang pernikahan!

Baca juga: Waithood: Fenomena Perempuan Milenial Menunda untuk Menikah

Memprioritaskan keamanan finansial

Di era penuh ketidakpastian ini, Gen Z, generasi yang dikenal berani dan teratur, berani menentang tradisi dengan menunda pernikahan demi mencapai keamanan finansial terlebih dahulu. Alasannya? Tak hanya terinspirasi dari krisis ekonomi dan jeratan hutang orang tua, mereka juga memiliki visi masa depan yang lebih matang dan realistis.

Melalui platform seperti TikTok, Gen Z juga lantang menyuarakan penolakan terhadap anggapan “banyak anak, banyak rejeki” yang sudah usang. Bagi mereka, memiliki anak adalah tentang tanggung jawab, bukan semata-mata keberuntungan. Membesarkan anak membutuhkan biaya dan pengorbanan yang tak sedikit, dan mereka tak ingin terjebak dalam siklus keuangan yang tidak stabil.

Karir, Finansial, dan Ketahanan Masa Depan

Gen Z mendambakan masa depan yang terjamin, bukan hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk keluarga yang ingin mereka bangun kelak. Yakni fokus pada pengembangan karir, pengelolaan keuangan yang cerdas, dan persiapan matang untuk menghadapi kemungkinan terburuk, mereka yakin dapat membangun kehidupan yang stabil dan bahagia.

Manfaat Memprioritaskan Keamanan Finansial Sebelum Menikah:

  • Mengurangi Stres: Keuangan yang stabil menjadi pondasi pernikahan yang harmonis. Beban finansial yang tak terduga dapat memicu stres dan konflik, yang pada akhirnya berujung pada keretakan rumah tangga.
  • Mempermudah Perencanaan Masa Depan: Dengan keuangan yang aman, pasangan dapat lebih leluasa dalam mewujudkan mimpi bersama, seperti membeli rumah, merencanakan pendidikan anak, dan menikmati masa pensiun yang nyaman.
  • Meningkatkan Kepercayaan Diri: Kemampuan mengendalikan keuangan pribadi menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian dalam mengambil keputusan hidup.
  • Melepaskan Diri dari Generasi Sandwich: Gen Z tak ingin terjebak dalam siklus menafkahi orang tua dan anak secara bersamaan. Memiliki keamanan finansial, mereka dapat membantu keluarga tanpa mengorbankan kebutuhan dan mimpi mereka sendiri.

Baca juga: Gamophobia, Ketakutan untuk Menjalin Komitmen dan Pernikahan

Lebih dari Sekadar Tren, Sebuah Evolusi Nilai

Tren Gen Z yang memprioritaskan keamanan finansial sebelum menikah bukan sekadar sensasi, melainkan cerminan evolusi nilai-nilai dalam kehidupan modern. Memanfaatkan teknologi dan pengalaman, mereka berani menantang tradisi dan merumuskan masa depan mereka sendiri.

Gen Z menunjukkan bahwa pernikahan bukan sekadar ikatan cinta, tetapi juga komitmen untuk membangun kehidupan yang stabil dan sejahtera. Memprioritaskan keamanan finansial, mereka menunjukkan kematangan dan tanggung jawab dalam melangkah menuju masa depan yang penuh harapan.

Sumber:

  • Gayuh Tri Pinjungwati, 2023. “5 Alasan Pentingnya Mapan Secara Finansial Sebelum Menikah”, dalam Fimela.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

WAIPA 2024: Perempuan ASEAN, Kekuatan Politik yang Tangguh dan Terhubung

Mendorong implementasi UU TPKS

Mendorong Implementasi UU TPKS di Bengkulu

#BerbagiPeran Demi Kesetaraan dalam Pekerjaan Domestik Bersama Asha Puan

Leave a Comment