Home » Tokoh » Enam Sosok Kartini Modern yang Memajukan Indonesia

Enam Sosok Kartini Modern yang Memajukan Indonesia

Yuni Camelia Putri

Tokoh

Bincangperempuan.com- R.A. Kartini, pahlawan perempuan yang berjasa terhadap pendidikan dan kesetaraan gender di Indonesia. Perjuangan Kartini berhasil membuka jalan bagi seluruh perempuan pribumi untuk menempuh pendidikan yang layak. Untuk menghormati jasanya, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 21 April sebagai hari Kartini.

R.A. Kartini menjadi sosok inspiratif bagi perempuan di Indonesia untuk membangun negeri yang lebih berkualitas. Kisah perjuangnya telah melahirkan banyak perempuan hebat yang berperan besar dalam memajukan Indonesia. Di masa kini, “Kartini modern” menjadi julukan yang selalu disematkan kepada tokoh inspiratif perempuan di Indonesia. Tokoh-tokoh perempuan hebat ini turut memberdayakan perempuan lainnya sesuai dengan keahliannya.

Melalui kartini, perempuan Indonesia telah menempati posisi yang setara dengan laki-laki dan aktif dalam memperjuangkan hak perempuan.  Untuk memperingati hari Kartini, berikut ini sosok-sosok Kartini modern yang memotivasi banget! Kira-kira ada idola kamu nggak nih?

Baca juga: Simalakama Biaya Penitipan Anak di Ibukota 

Retno Marsudi

Retno Marsudi merupakan menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia. Sejak menjabat di tahun 2014, ia sukses membuat berbagai gebrakan baru yang memperkuat posisi Indonesia. Selama menjadi menteri luar negeri, Retno Marsudi sukses membawa Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada periode 2019-2020 dan 2020-2020.

Perempuan kelahiran Semarang, 27 November 1962 ini memulai kariernya sebagai staff di Kedutaan Besar Indonesia untuk Australia pada tahun 1990-1994. Selain itu, ia juga ditunjuk sebagai duta Besar Indonesia di tahun 2005-2008 untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia. Meskipun sibuk, ia tetap menjalankan perannya sebagai seorang istri dan ibu, lho!

Sri Mulyani Indrawati

Siapa sih yang nggak kenal dengan Sri Mulyani? Sahabat Retno Marsudi ini turut berperan besar terhadap kemajuan Indonesia. Sebelum menjadi Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia periode 2010-2016. Kinerjanya dan prestasi dibidang ekonomi tidak hanya diakui secara nasional hingga Internasional.

Kecerdasan dan keberhasilan Sri Mulyani ini berhasil menarik perhatian Presiden Joko Widodo untuk menempatkannya sebagai Menteri Keuangan Republik Indonesia. Selama menjabat, ia meraih sejumlah penghargaan bergengsi seperti menteri keuangan terbaik versi majalah Finance Asia dan penghargaan Menteri terbaik dunia selama tiga kali berturut-turut.

Najwa Shihab

Jika menyebutkan tentang Najwa Shihab, kamu pasti akan membayangkan tentang keberaniannya dalam mengkritik pemerintah dan pejabat, kan? Kecerdasan dan keberaniannya sebagai seorang jurnalis dan aktivis media membuatnya berhasil mengkritik keras pemerintah dan pejabat yang bermasalah.

Perempuan yang akrab dipanggil Mba Nana ini aktif menyuarakan isu-isu penting di masyarakat dan memperjuangkan fakta serta opini dihadapan publik. Sosok Najwa Shihab dikenal sebagai perempuan yang tegas, berani, dan dihormati oleh masyarakat. “Mata Najwa” merupakan salah satu acara Najwa Shihab terhadap isu politik. Saat ini, mbak nana telah memiliki perusahaan media dan berita yang dikenal dengan Narasi TV.

Susi Pudjiastuti

“Tenggelamkan!”, itulah ciri khas yang melekat dengan sosok Susi Pudjiastuti. Susi Pudjiastuti menjadi kartini modern selanjutnya yang banyak menginspirasi perempuan Indonesia. Ia memulai bisnisnya sebagai pengepul ikan di tahun 1983. Kegigihan dan kecerdasannya dalam berbisnis menjadikannya berhasil mendirikan pabrik pengolahan ikan di tahun 1996 yang diberi nama PT. ASI Pudjiastuti Marine Product.

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia periode 2014-2019 ini berhasil membuat gentar kapal-kapal asing yang ingin mencuri hasil laut Indonesia. Atas keberanian dan prestasinya dalam menjaga sumber laut Indonesia, Susi Pudjiastuti mendapatkan penghargaan Leaders for a Living Planer Award dari WWF di tahun 2016, sebagai penghargaan atas perannya dalam memajukan pelestarian alam laut, pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan, dan pemberantasan pencurian ikan.

Baca juga: Perempuan dan Alam, Kearifan Relasi yang Dilumpuhkan

Maudy Ayunda

Beberapa waktu belakangan, Maudy Ayunda menjadi sosok perempuan yang disoroti oleh generasi milenial dan gen Z. Maudy Ayunda merupakan aktivis pendidikan, aktris, sekaligus penyanyi yang menginspirasi perempuan muda Indonesia karena kegigihan, kecerdasan, dan keteguhannya dalam mengejar pendidikannya.

Namanya semakin disorot ketika ia berhasil menyelesaikan program sarjana ilmu politik, filosofi, dan ekonomi di Oxford University. Ia kemudian melanjutkan pendidikan magister di dua jurusan sekaligus yaitu administrasi bisnis dan pendidikan di Stanford University dalam waktu dua tahun. Prestasi dan kegigihannya dalam mengejar pendidikan telah menginspirasi banyak anak muda indonesia untuk meraih pendidikan yang tinggi. Saat ini, Maudy aktif membagikan berbagai tips bermanfaat tentang pendidikan, kehidupan, karir, dan hal positif lainnya di channel youtube miliknya, lho!

Cinta Laura

Selain Maudy Ayunda, Kartini modern perempuan yang ramai disoroti oleh generasi milenial dan gen Z ialah Cinta Laura. Siapa sih yang nggak kenal dengan Cinta Laura? Aksinya untuk mengabdi kepada Indonesia telah menginspirasi banyak anak muda untuk mengikutinya.

Selain berbakat di akting dan tarik suara, Cinta Laura memiliki kecerdasan dan kepedulian yang luar biasa terhadap Indonesia, lho! Di bidang akademik, ia mendapatkan dua gelar sarjana setelah menyelesaikan pendidikannya di Colombia University dalam waktu tiga tahun. Cinta dikenal sebagai tokoh perempuan muda yang memiliki kepeduliaan yang tinggi terhadap perempuan dan anak. Ia secara aktif turut serta dalam menyuarakan anti kekerasan terhadap Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Terakhir, ia turut membangun pendidikan indonesia melalui keterlibatannya di Seokarseno Peduli Foundation yang bergerak dalam membangun belasan sekolah untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Cinta juga aktif menjadi guru bagi anak-anak kurang mampu dan dipelosok juga, nih!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

gerakan perempuan, Hari Kartini, Kartini Modern

Artikel Lainnya

Susilawati, Perempuan Penyintas Konflik Agraria di Jambi

Nurhayati, Mengabdi Jadi Kader KB Sejak 1981

Nani Afrida: Jadi Jurnalis Perempuan Harus Saling Support dan Upgrade Diri

Leave a Comment