Home » Tokoh » Frida Kahlo dan Feminitas

Frida Kahlo dan Feminitas

Bincang Perempuan

Tokoh

Frida Kahlo

Bincangperempuan.com– Lahir pada tahun 1907, Kahlo adalah seorang pelukis surealis. Frida Kahlo paling terkenal dengan potret dirinya yang ikonik, dengan alis, kumis tipis, dan tatapan tajamnya yang langsung dapat dikenali.

Di luar potret diri ini,  seni dan kepribadian Kahlo telah memberinya warisan sebagai seniman yang berpengaruh dan menginspirasi. Lukisan-lukisannya, yang sangat kontroversial pada saat itu, menggambarkan aspek-aspek mentah dan jujur dari pengalaman perempuan, yang mencakup subjek yang menyakitkan seperti melahirkan dan keguguran.

Ia menentang norma-norma pakaian berdasarkan gender dan menolak untuk dibatasi oleh stereotip gender masyarakat. Meskipun dia menolak standar kecantikan dan ekspektasi gaya hidup yang dipaksakan pada perempuan, dia menerima dan sering mengambil inspirasi artistik dari sisi keperempuanannya.  Menjelajahi pendekatan unik Frida Kahlo terhadap seni dan melihat lebih dalam ke dalam kehidupannya merupakan hal yang penting karena dia adalah inspirasi yang memberdayakan bagi banyak orang.

Di awal masa kecilnya, Kahlo menderita polio, yang menyebabkan kaki kanannya menjadi lemah dan kerdil,  ia juga menderita gangren pada kaki kanannya yang kerdil dan harus diamputasi, sehingga ia harus menggunakan kaki palsu. Selain itu, di masa remajanya, sebuah bus yang ditumpanginya bertabrakan dengan mobil troli, mengakibatkan kecelakaan yang membuatnya tertusuk pegangan besi dan luka-luka yang sangat serius serta patah tulang di sekujur tubuhnya, termasuk punggung, panggul, sumsum tulang belakang, dan tulang rusuk.

Baca juga: Supartina Paksi, Penggerak Perempuan untuk Desa Kopi Tangguh Iklim

Trauma ini membuatnya cacat dan kesakitan kronis. Dengan semua trauma ini, sejujurnya akan lebih mudah untuk menyerah dan sulit untuk melanjutkan hidup, namun Kahlo menunjukkan kekuatannya yang sebenarnya karena ketika dia dalam masa pemulihan dan terbaring di tempat tidur, dia menemukan hasrat dan bakatnya untuk melukis.

Frida Kahlo, potret diri dengan Kalung Duri dan Kolibri, Koleksi Nikolas Muray, Harry Ransom Center, University of Texas at Austin.

Meskipun ia menyembunyikan kecacatannya dalam kehidupan sehari-hari melalui cara berpakaiannya, ia secara terbuka mengekspresikan rasa sakit dan citra dirinya karena luka-lukanya melalui karya seninya. Dalam “The Broken Column” (1944), Kahlo melukis potret dirinya sendiri, tetapi menggambarkan tulang belakangnya sebagai kolom Yunani yang hancur dan menambahkan paku-paku yang menancap di kulitnya, di sekujur tubuhnya. Hal ini mewakili citra tubuhnya dan juga rasa sakit kronis yang ia alami karena kecacatannya.

“Pada akhirnya, kita dapat bertahan lebih dari yang kita pikirkan,” katanya.

Kahlo merefleksikan rasa sakitnya dengan cara yang abstrak, di mana apa yang ia maksudkan dapat ditafsirkan dengan berbagai cara.

Baik dalam kehidupan sehari-hari maupun karya seninya, Kahlo tetap menjadi dirinya sendiri. Sama seperti zaman sekarang, wanita diharapkan untuk menjadi anggun dan sangat feminin, sopan dan pantas setiap saat, tanpa bulu. Namun, Kahlo tidak mempedulikan ekspektasi yang membatasi ini. Yang terkenal, ia tidak hanya mempertahankan alis dan rambut bibir atasnya yang alami, tetapi juga melebih-lebihkannya dalam potret dirinya yang mencolok.

Baca juga: Misha Atika, Pelestari Padi Kuning dan Tradisi Perempuan Memanen Secara Bergotong-royong

Dengan cara ini, ia menantang struktur patriarki yang menindas yang mengatur masyarakat. Ia tidak menghindari topik-topik yang menyakitkan atau mengerikan. Luka-lukanya akibat kecelakaan troli membuatnya tidak subur, dan, selama bertahun-tahun, ia berjuang dengan ketidakmampuannya untuk hamil, dan mengalami beberapa kali keguguran dan aborsi terapeutik, yang harus ia lakukan demi keselamatan dirinya. Ia mengekspresikan

kesedihannya dengan menggambarkan perjuangannya dalam lukisannya, yang dianggap terlalu vulgar. Ia juga melukis darah rahim dan menyusui. Hal ini penting karena pada masa itu, isu-isu mengenai sistem reproduksi wanita dianggap tabu dan tidak senonoh untuk dibicarakan di depan umum.

Kahlo tidak membiarkan batasan-batasan sosial yang bersifat seksis pada masanya membatasi ekspresi dirinya. Dia tidak bersembunyi dari subjek yang sulit. Sebaliknya, ia bersandar pada bagian yang sulit dan menyakitkan dari pengalamannya dan menggunakannya untuk menghasilkan karya seni yang indah dan mentah. Keaslian dan keaslian dalam penggambarannya mengenai kewanitaan dan segala isinya inilah yang membuatnya menjadi ikon feminis. (Dhathry Doppalapudi)

*) Diadaptasi dari Frida Kahlo and Femininity, The Women Networks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Citradaya Nita’s Retrospect: Women and Leadership

Citradaya Nita’s Retrospect: Women and Leadership

Marini Siregar, ranger perempuan penjaga Hutan Leuser

Marini Siregar, Ranger Perempuan Penjaga Hutan Leuser

Kartini di Sekitar Kita: Perjuangan Gia dan Lita Memaknai Kerja Domestik Perempuan

Leave a Comment