Home » Cek Fakta » (Hoax) Viral Seorang Laki-laki di USA Mengubah Dirinya Menjadi Manusia Serigala

(Hoax) Viral Seorang Laki-laki di USA Mengubah Dirinya Menjadi Manusia Serigala

BERITA

Sebuah akun pengguna snack Dodo Creative News mengupload sebuah video yang memuat tentang seorang yang berparas seperti serigala, terdapat caption “Hasil Opr4si seluruh tubuh” dilengkapi dengan narasi viral seorang laki-laki di USA mengubah dirinya menjadi manusia serigala yang menghabiskan biaya 5.000 dolar atau sekitar 800 juta rupiah. Latar suara video ini, disuguhi lantunan lagu istighfar sehingga menarik audiens untuk menyimak video berdurasi 31 detik.

Sebanyak 20.800 pengguna menyukai video ini, dan terdapat 3754 komentar dimana umumnya komentar berisi dengan kalimat istighfar dan kalimat kutukan bagi manusia yang mengubah dirinya menjadi serigala tersebut dengan menyamakannya dengan sosok dajjal (sosok yang muncul di akhir zaman sebagai pembuat masalah; sebagaimana yang dikabarkan oleh Al Quran). Di akun youtube, video ini ditemukan juga dengan versi yang sama dan diunggah pengguna dengan akun Mas Weryo.

HASIL PEMERIKSAAN

Sementara itu, berdasarkan hasil penelusuran melalui tools google lens ditemukan bahwa sebuah akun milik warga negara India yakni Mithi Khushi Magic mengupload video ini di https://www.youtube.com/watch?v=BhnnlMh6C5E. Dalam video yang diuploadnya tersebut, tidak terdapat banyak informasi, hanya tertera caption Katya Satan dan emoticon drakula, sedangkan ekspresi yang dia tampilkan sebagai reactioner menunjukkan ekspresi tersenyum di sepanjang video.

Penulis juga mencoba menelusuri di akun tiktok ,dan ditemukan akun lain yang mengupload video ini adalah https://www.tiktok.com/@nerdzao/video/7350711936541003014, terdapat beberapa akun lain turut mengupload video ini, namun mereka merupakan akun warga negara Spanyol. Pada beberapa narasi yang ditelusuri dari caption, menunjukkan bahwa akun lain mengapresiasi kreativitas seseorang dalam mewujudkan imajinasi seni, terutama seni horor.

Penelusuran lebih detail dilakukan  melalui tools Google Lens dan diketahui bahwa video tersebut merupakan proses seorang make up artist sedang menghias talent yang akan menjadi salah satu pemeran film. Sebagaimana yang diupload akun https://www.tiktok.com/@noticias_mundial_usa/video/7349950085905648939 memuat dua orang make up artist yang sedang bekerja di balik layar. Artinya, video awal ini merupakan suatu proses kreatif yang dilakukan seseorang, namun setelah diupload disalahgunakan oleh seseorang untuk tujuan yang tidak diketahui. Sehingga, dapat dipastikan bahwa informasi yang tersebar di akun snack tersebut merupakan informasi hoax.

KESIMPULAN

Unggahan di media sosial Snack Video dengan narasi viral seorang laki-laki di USA mengubah dirinya menjadi manusia serigala dapat dipastikan merupakan informasi hoax.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Hoax

Artikel Lainnya

PENIPUAN, Undian Nasabah Livin Mandiri 

[HOAKS] Uang dan Narasi Upah Kampanye di JIS Berlogo PKS

(Hoax) Mitos Gigi Berbunyi Tanda Ada Khodam, Faktanya adalah Bruxism!

(Hoax): Mitos Gigi Berbunyi Tanda Ada Khodam, Faktanya adalah Bruxism!

Leave a Comment