Home » Penghargaan untuk 6 Perempuan Menginspirasi

Penghargaan untuk 6 Perempuan Menginspirasi

Bincang Perempuan

News

Bengkulu Inspiring Women's 2023

Bengkulu Inspiring Women’s 2023

Bincangperempuan.com- Bengkulu Inspiring Women’s 2023, ajang penghargaan bagi perempuan menginspirasi di Provinsi Bengkulu. Ada 5 kategori awarding Bengkulu Inspiring Women’s yaitu bidang lingkungan hidup, pendidikan, ekonomi kreatif, kesehatan dan sosial budaya, serta penghargaan spesial.

Award diberikan kepada 6 perempuan hebat di Bumi Raflesia, atas inovasi, dan perannya dalam membangun desa dan daerah. Penyerahan penghargaan Bengkulu Inspiring Women’s 2023 digelar di Grage Hotel Bengkulu, Senin (18/12/2023).

“Ini bentuk apresiasi kepada perempuan-perempuan hebat, perempuan yang inovatif, sosial kemasyarakatan untuk kepentingan pembangunan di Provinsi Bengkulu,” kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah diwakili oleh Foritha Ramadhani Wati, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, saat menghadiri Awarding Bengkulu Inspiring women’s 2023, Senin (18/12/2023). 

Foritha menjelaskan keterlibatan dan peran perempuan dalam pembangunan desa sangat penting dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkeadilan. Perempuan juga merupakan kunci keberhasilan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa yang memiliki 18 tujuan dan sasaran.

Baca juga: Nani Afrida: Jadi Jurnalis Perempuan Harus Saling Support dan Upgrade Diri

Peran penting perempuan desa untuk mencapai SDGs Desa kini semakin diakui dunia. UN Women (2021) memberi kesempatan yang sama kepada perempuan dan laki-laki, dapat meningkatkan produksi pertanian 2,5-4 persen. Keterlibatan perempuan dalam ranah ekonomi juga dapat mengatasi kekurangan gizi sebesar 12-17 persen.

Persoalan yang dihadapi perempuan desa di bidang sosial ekonomi, pendidikan, kesehatan hingga kesempatan kerja sebagian besar bermula dari ketidakadilan, peminggiran dan marjinalisasi. Namun kini, keterlibatan perempuan desa sudah meningkat.

Hal ini tidak lepas dari kesadaran untuk melakukan inovasi, terobosan dan gerakan-gerakan yang muncul, baik dari inisiatif perorangan maupun kelompok perempuan untuk membangun desa. Dorongan ini pun juga datang dari berbagai stakeholder, baik pemerintah, organisasi, maupun media.  

“Dalam pencapaian SDGs peran perempuan itu sangat penting, terutama untuk pembangunan desa. Banyak program di desa yang bisa saja tidak terwujud jika tidak didukung oleh perempuan tangguh. Ini bentuk kontribusi nyata perempuan untuk pembangunan masyarakat, ” paparnya. 

Bengkulu Inspiring Women’s merupakan ajang penghargaan yang bertujuan mengangkat peran perempuan dalam membangun desa di Bengkulu.

Penghargaan ini fokus pada inovasi, kreativitas, dan kontribusi yang dilakukan oleh perempuan dalam pengembangan dan kemajuan desa-desa mereka.

Untuk itu, mewakili Pemerintah Provinsi Bengkulu, Foritha mengucapkan terimakasih kepada Tribun Bengkulu atas terselenggaranya awarding ini. 

“Selamat selamat kepada perempuan perempuan di Provinsi Bengkulu, semoga ini bisa jadi motivator bagi seluruh perempuan yang ada di Provinsi Bengkulu,” jelasnya.

Terpisah, selaku penyelenggara event Bengkulu Inspiring Women’s 2023, Content Manager Tribun Bengkulu M Syah Beni menyampaikan, Bengkulu Inspiring Women’s 2023 ini merupakan bagian kecil dari awarding Bengkulu Inspiring lainnya. 

“Acara ini adalah kepingan kecil dari puzzle acara di Bengkulu. Artinya ke depan akan ada acara yang besar nanti. Indikator kami untuk memilih 5 awarding ini, kami sudah turun ke daerah untuk. Ke depan akan ada lagi awarding serupa, semoga acara ini bisa memotivasi perempuan yang ada di Bengkulu,” kata Beni. 

Ditambahkan Bisnis Manajer Komi Kendy Setiawaty, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu ke-55 dan Hari Ibu 2023, Pemprov Bengkulu bekerjasama dengan TribunBengkulu.com menggelar Bengkulu Inspiring Women’s: Inovasi Perempuan Membangun Desa.

Baca juga: Perempuan di Pesisir Utara Jakarta: Meniti Kehidupan di Pinggiran Kota yang Mulai Tenggelam

Bengkulu Inspiring Women’s merupakan ajang penghargaan yang bertujuan mengangkat peran perempuan dalam membangun desa di Bengkulu, yang akan dilaksanakan pada Senin 18 Desember 2023 di Grage Bengkulu.

“Penjaringan melalui riset oleh tim award Bengkulu Inspiring Women’s sudah dimulai sejak 1 November 2023 hingga 10 Desember 2023,” kata Bisnis Manajer Komi Kendy Setiawaty.

Penghargaan bertajuk “Inovasi Perempuan Membangun Desa” bertujuan memberikan pengakuan yang layak terhadap kontribusi perempuan dalam membangun masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup di desa-desa Bengkulu.

“Pengakuan ini berbentuk pemberian penghargaan atau award kepada perempuan-perempuan yang ikut berperan membangun desa serta menginspirasi. Baik itu perannya dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, kesehatan, UMKM/ekonomi kreatif, pendidikan dan sosial budaya,” jelas Komi.

Selain dalam bentuk pemberian award, Bengkulu Inspiring Women’s: Inovasi Perempuan Membangun Desa juga dikemas dalam bentuk talkshow dengan menghadirkan sejumlah pembicara yang akan memberikan motivasi, berbagi wawasan dan pengalaman sesuai latar belakang mereka masing-masing.(**)

Daftar Penerima Awarding Bengkulu Inspiring Women’s 2023:

  1. Kategori Lingkungan Hidup Supartina – Kepahiang, Pelopor Desa Kopi Tangguh Iklim.
  2. Kategori Ekonomi Kreatif Suminah – Bengkulu Tengah, Pelaku UMKM Kreatif.
  3. Kategori Pendidikan Sintia Anugra Ananda – Seluma, Literasi Bergerak Seluma.
  4. Kategori Kesehatan Nurhayati – Rejang Lebong, Kader KB dan Pemberdayaan Lansia.
  5. Kategori Sosial Budaya Kulima-Bengkulu Utara, Pelestari Budaya Berejong.
  6. Spesial Bengkulu Inspiring Women’s Derta Rohidin, Penggerak Organisasi Perempuan di Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Pejabat Publik Harus Hindari Stereotipe Gender dalam Pernyataan

Mengenalkan Emosi Kepada Anak Lewat “Inside Out 2”

Kenali Emosi Anak Lewat “Inside Out 2”

Waspada, Child Grooming Lewat Game Online

Leave a Comment