Home » Cek Fakta » (SEBAGIAN BENAR) Ketersediaan Pasokan BBM di Bengkulu 

(SEBAGIAN BENAR) Ketersediaan Pasokan BBM di Bengkulu 

Ketersediaan Pasokan BBM di Bengkulu

BERITA 

Sebuah informasi terkait jumlah pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Provinsi Bengkulu beredar di platform WhatsApp Senin (03/06/2024) dengan narasi 

Info dari kwn kantor yg suaminyo kerjo di Pertamina. Pipa penyaluran BBM Pulau Baai ditabrak tongkang. Kalo bisa isilah bensin atau solar sekarang. Dalam seminggu ini tdk ada penyaluran. Takutnyo bentar lagi BBM langka. Isi lah full

Informasi yang bisa menimbulkan kepanikan tersebut juga didapati diunggah di media sosial Facebook Fanpage PTM (pasar tradisional modern) ARGAMAKMUR, yakni sebuah grup publik yang beranggotakan 45 ribu akun. Pesan tersebut diunggah akun Kandra Abu Farhan, dengan narasi 

Qaddarallah.. 

WA berantai ini terus direpost.. sudah tak terhitung lagi..

Dan sekarang sudah dibumbui dengan cerita yg lebih seru lagi..

Dan akhirnya memancing kepanikan..

Ada baiknya hub hotline Pertamina atau hub mereka yg berkompeten atau layak dipercaya…

Untuk mendapatkan info perkembangan dan antisipasi apa yg telah dilakukan Pertamina…

Semoga cepat terselesaikan…

Informasi pasokan BBM putus

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Tim Bincang Perempuan, diketahui di sejumlah SPBU khususnya di Provinsi Bengkulu khususnya di Bengkulu Utara memang terjadi antrean yang mengular akibat minimnya pasokan BBM jenis pertalite. Antrean tersebut terjadi sejak Senin, 3 Juni 2024. 

Keterlambatan kedatangan pasokan diakibatkan adanya kebocoran pipa Pertamina Depo Pulau Baai, Kota Bengkulu, sejak Sabtu (01/06/2024) pukul 23.30 WIB dimana indikasi bocor dari pipa pertamina jalur solar HSD akibat ditabrak tongkang di perairan dangkal. Untuk mengatasi hal tersebut pihak Pertamina sudah melakukan penyiraman menggunakan cairan oil dispresant di sekitar pipa bocor. 

Dikonfirmasi Kepala Dinas Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi  Bengkulu Donni Swabuana, Kamis (06/06/2024) membenarkan hal tersebut. Ia menghimbau masyarakat untuk tidak panik dengan informasi yang beredar di media sosial. Donni juga memastikan, ketersediaan BBM yang ada di Depo Pertamina Pulau Baai untuk kebutuhan BBM harian dari semua jenis, masih ada dan dapat mencukupi sampai tanggal 15 Juni 2024 mendatang. 

Saat ini lanjut Donni, pihak Pemda Provinsi Bengkulu sudah melakukan koordinasi dengan PT. Pelindo II Bengkulu untuk mengantisipasi jika terjadi kekurangan BBM ke depan, dengan mendatangkan minyak dari tiga provinsi terdekat, yakni Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, Lampung juga dari  Padang. 

KESIMPULAN 

Informasi adanya pipa penyaluran BBM Pulau Baai ditabrak tongkang adalah benar, namun meskipun hal tersebut terjadi pasokan BBM di Provinsi Bengkulu tetap aman dan tidak akan terputus.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Hoax, Informasi Palsu

Artikel Lainnya

Cek Fakta: Enam Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Stroke

CEK FAKTA: Hoaks Undian Bank Bengkulu Berhadiah Alphard Hingga Paket Umrah Gratis

(Hoax) Video 100 persen Keberanian Tentara Indonesia Bongkar Siasat Licik Israel Pada Rafah

Leave a Comment