Home » Kesehatan » Serba Serbi tentang Bra yang Harus Diketahui

Serba Serbi tentang Bra yang Harus Diketahui

Bincangperempuan.com- B-Pers, apakah kamu tipe yang selalu memperhatikan ukuran bra yang digunakan? Atau kamu tipe yang akan mengabaikan hal ini? Kebanyakan perempuan memilih untuk mengabaikan ukuran bra yang digunakan. Padahal, mengenakan bra yang salah dapat merusak hari yang seharusnya menyenangkan.

Yups, bra menjadi hal kecil yang kerap diabaikan oleh kebanyakan perempuan dan dapat menganggu aktivitas sehari-harimu. Kebanyakan perempuan yang salah dalam memilih bra mengeluhkan rasa tidak nyaman dengan bra yang dikenakan. Tentu saja, hal ini menjadi peringatan bagi perempuan untuk lebih memperhatikan ukuran bra yang tepat.

Kira-kira, kenapa kita perlu memperhatikan ukuran bra? Apa saja jenis bra yang tepat untukmu? Dan apa saja tips dalam memilih bra yang tepat? Yuk, intip penjelasannya sampai selesai!

Kenapa perlu untuk Memperhatikan Ukuran Bra?

Ukuran bra menjadi hal penting yang kerap dianggap sepele oleh kebanyakan perempuan. Selain itu, ukuran bra menjadi topik yang tabu karena dianggap sebagai privasi setiap perempuan. Nah sekarang, kenapa kita perlu membahas dan memperhatikan ukuran bra?

Baca juga: Kenali 10 Infeksi Selama Kehamilan dan Upaya Mengatasinya

Perlu diketahui bahwa mengenakan bra yang pas sangat penting untuk kenyamanan, kesehatan, dan kesejahteraan secara keseluruhan. Untuk itu, pentingnya memilih bra yang tepat untuk mendukung kenyamanan di berbagai aktivitas. Ukuran bra yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan dirimu ketika beraktivitas. Selain itu, beberapa faktor lain yang perlu dipertimbangkan, yaitu:

1.    Membentuk postur tubuh

Penggunaan bra yang teoat dapat membantumu dalam membentuk postur tubuh yang diinginkan lho, B-Pers! Bra dapat membantu dalam mengurangi ketegangan pada leher, punggu dan bahu serta mengurangi masalah pada postur tubuh yang buruk.

2.    Menjaga kesehatan payudara

Kamu pasti mengetahui bahwa jaringan payudara sangat sensitif dan mudah kendur. Untuk itu, diperlukan pemilihan bra yang tepat agar payudaramu tetap kencang dan sehat. Diperlukan bra yang memberikan penyangga yang tepat untuk meminimalkan peregangan dan membentuk payudaramu.

3.    Meningkatkan kenyamanan

Bra yang tidak tepat dapat menyebabkan payudaramu mengalami lecet dan iritasi. Untuk itu, diperlukan pemilihan bra yang tepat untuk menjaga payudaramu dari iritasi dna lecet yang tidak diinginkan.

4.    Meningkatkan sirkulasi payudara

Kesalahan terbanyak dalam memilih bra adalah ukurannya yang ketat. Selain menyebabkan luka, bra yang ketat telah menghambat sirkulasi pada payudara. Biasanya, kamu akan merasakan tekanan dan perasaan tidak nyaman lainnya karena sirkulasi darah ke payudara terhambat.

5.    Meningkatkan kepercayaan diri

Meskipun terdengar sepele, ukuran bra yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan dirimu lho, B-Pers! Pemilihan bra yang tepat dapat mempercantik siluet tubuhmu sehingga terlihat menarik dan seimbang. Hal ini akan membantumu untuk berpakaian dengan nyaman dan penuh percaya diri.

Baca juga: Yuk Kenali Jenis Pembersih Daerah Miss V yang Kamu Butuhkan

Tak hanya itu, bra yang tepat dapat mendistribusikan beban secara merata ke seluruh dada dan mencegah ketegangan otot ketika kamu beraktivitas, lho!

Jenis-Jenis Bra

Setelah mengenali alasan memilih bra yang tepat, kamu perlu mengetahui jenis-jenis bra berdasarkan kondisimu ya, B-Pers! Yups, bra memiliki banyak jenis yang disesuaikan berdasarkan kondisi tubuhmu lho! Kira-kira, apa aja sih jenis-jenis bra yang umum dipakai oleh perempuan?

1.     Balconette

Balconette merupakan bra yang memiliki cup pendek dengan bagian atas berbentuk horizontal. Tali dari bra ini lebih lebar daripada bra lainnya. Balconette membiarkan bagian atas payudaramu terbuka untuk menciptakan bentuk payudara yang lebih berisi. Biasanya, bra jenis ini memiliki tali dan kawat dibagian bawah. Bra ini cocok untuk payudara yang kecil dan bulat.

2.     Bralette

Bralette bra menjadi bra yang paling sering digunakan oleh perempuan. Bra jenis ini dapat digunakan sebagai pakaian luar karena tidak memiliki bantalan atau underwires dan didukung oleh tampilan renda yang cantik. Bra jenis ini memiliki cangkupan payudara yang penuh. Bralette sangat cocok dengan payudara yang kecil dan tidak memerlukan peyangga seperti kawat.

3.     Built-in

Built-in merupakan jenis bra yang menyangga payudara ketika mengenakan pakaian terbuka. Bra jenis ini memiliki cangkupan yang sama dengan tank top dan dapat menutup payudara sepenuhnya. Meskipun demikian, bra jenis ini tidak cocok sebagai peyangga payudara yang berukuran besar. Bra jenis ini sangat cocok dengan payudara yang berukuran kecil dan ramping.

4.     Convertible

Bra convertible menjadi bra yang banyak dipilih oleh perempuan. Bra jenis ini dapat digunakan tanpa tali atau tetap menggunakan tali. Bra convertible memiliki gaya yang bervariasi dan dinilai lebih menempel pada tubuh meskipun tanpa tali.  Bra ini dapat menyokong keseluruhan bentuk payudara perempuan. Bra ini sangat cocok untuk seluruh bentuk payudara dan mendukung penampilan dari berbagai jenis pakaian.

5.     Demi

Bra demi memiliki potongan yang rendah dengan cup yang naik di setengah bagian payudara atas. Bra ini menutupi setengah bagian bawah payudaramu. Bra demi sangat cocok untuk payudara yang kecil dan kencang. Selain itu, bra ini digunakan untuk memberikan tampilan payudara yang kencang dan sedikit berisi.

6.     Front-open

Bra front-open merupakan bra yang terbuka di depan dengan pengikat di antara cup bra. Bra jenis ini mudah dilepas dan dipasang daripada bra yang memiliki kaitan di bahian belakang.

Bra jenis ini biasanya digunakan untuk olahraga seperti push up. Tak hanya itu, bra ini cocok untuk semua bentuk payudara dan memiliki kenyamanan yang tinggi, lho!

7.     Bra untuk menyusui

Bra untuk menyusui dirancang dengan fitur penutup yang dapat dilepas untuk memudahkan ibu menyusui. Bra jenis ini dirancang untuk menopang payudara yang membesar di masa menyusui. Bra jenis ini membantu banyak ibu menyusui karena ukuran dan kenyamanannya terjamin.

8.     Racerback

Racerback merupakan jenis bra yang cocok untuk kamu yang sering mengenakan tank top. Bra ini memiliki tali pengikat yang menyilang atau menyatu di antara tulang belikat. Bra racerback mendistribusikan berat patudaramu ke seluruh punggung. Bra jenis ini cocok untuk payudara yang berukuran besar.

9.     Sport bra

Sport bra atau bra olahraga dirancang untuk menyokong payudaramu agar tidak bergoyang ketika berlari, yoga, atau melakukan olahraga lainnya. Bra jenis ini dapat mencakup keseluruhan payudaramu lho, B-Pers! Selain itu, sport bra cocok untuk seluruh bentuk dan ukuran payudara, ya!

10.  Underwire

Underwire hampir mirip dengan balconette, perbedaannya terletak pada tambahan kawat yang ada di sepanjang bagian bawah cup untuk menyangga payudara. Jika balconette bra cocok dengan payudara yang berukuran kecil, underwire dirancang untuk payudara yang berukuran besar dan penuh.

Baca juga: Kenali 10 Infeksi Selama Kehamilan dan Upaya Mengatasinya

Tips Memilih Bra yang Tepat

Selain mengenal jenis-jenis bra, kamu pelu mengetahui bagaimana cara memilih bra yang tepat ya, B-Pers! Penggunaan bra yang tepat dapat bermanfaat secara kesehatan dan mendukung aktivitas sehari-harimu. Ini dia tips memilih bra yang tepat!

  • Kenali ukuran bramu dengan mengukur lingkar rusuk dan lingkar dada.
  • Gunakan trik dua jari yaitu memasukkan dua jari pada tengah-tengah bra.
  • Pilih yang full cup untuk menutup seluruh permukaan payudara.
  • Sesuaikan tali bra dengan menghindari tali yang mengikat terlalu kencang.
  • Pilih bra yang menutupi lipatan lemak.
  • Pilih bra yang memiliki cup bra.
  • Pilihlah bra yang berkawat atau tidak berkawat berdasarkan kebutuhanmu.

Sumber:

  • Maisha Johnson, 2019. “How to Find the Best Bra Type for Your Bust”, dalam healthline
  • Riska Herliafifah, 2024. “Cara Menentukan Ukuran Bra dan Tips Memilih yang Tepat”, dalam hellosehat
  • Vy’s Closet Team, 2023. “THE IMPORTANCE OF PROPER BRA SUPPORT FOR COMFORT, CONFIDENCE, AND HEALTH”, dalam Vy’s Closet

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Vaginitis

Mengenal Vaginitis, Penyebab dan Pencegahannya 

Hal yang Jarang Diketahui Tentang Orgasme

Hal yang Jarang Diketahui Tentang Orgasme

Jalan Panjang Perjuangan Perempuan Hadapi PCOS

Leave a Comment