Home » News » Ulas Konten Anak Lewat Screen Score

Ulas Konten Anak Lewat Screen Score

Bincang Perempuan

News

Bincangperempuan.com- digitalMamaID, media independen yang fokus pada literasi digital para ibu ibu-ibu yang berbasis di Bandung, meluncurkan layanan terbarunya, Screen Score. Layanan ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ruang digital yang aman untuk anak.

Screen Score adalah platform digital yang dirancang untuk orangtua guna mereview konten digital anak-anak, seperti film, serial, e-book, game, dan aplikasi. Ide ini menang di ajang Startup Pitch Stage – Splice Beta 2023 di Chiangmai, Thailand.

Screen Score kini bisa diakses oleh orangtua di seluruh Indonesia. Orangtua cukup mengunjungi https://screenscore.digitalmama.id  dan membuat akun untuk memulai menulis ulasan. Pengguna juga bisa mengusulkan konten digital anak untuk bisa diulas di Screen Score.

Editor in Chief digitalMamaID Catur Ratna Wulandari menjelaskan, mengasuh generasi yang sejak lahir telah mengenal teknologi (digital native) sungguh menantang. Mereka sulit dipisahkan dengan gadget sehingga rentan terpapar pengaruh buruk konten digital.

Baca juga: Mengandung dan Melahirkan: Dua Gambaran Kekuatan Perempuan

Oleh karena itu, untuk memastikan keamanan anak di ruang digital, idealnya orangtua memeriksa dulu semua konten digital sebelum diberikan kepada anak.

“Harus diakui, tidak semua orangtua tidak punya cukup waktu dan tenaga untuk melakukannya. Terlalu banyak konten digital yang diproduksi setiap harinya,” katanya.

Akan tetapi, jika dilakukan bersama-sama itu bukan hal mustahil. Orangtua bisa berbagi pendapat atau penilaian atas konten digital anak.

“Orangtua mungkin gagal menjaga screen time anak yang ideal, tapi setidaknya kita bisa memastikan semua konten yang hadir di layar anak aman dan berkualitas,” ujar Ratna.

Ratna mengatakan, platform mengulas tontonan sebenarnya bukan barang baru. Namun, kehadiran Screen Score melibatkan orangtua memastikan keamanan konten untuk anaknya. Degan begitu, orangtua bisa memberi perhatian penuh pada konten digital anak.

“Setelah menang di Thailand, kami mengumpulkan 15 ibu yang berdomisili di Bandung. Kami berusaha memahami kebutuhan mereka terkait konten digital yang aman untuk anak. Harapannya Screen Score bisa menjawab kebutuhan orangtua atas keamanan konten yang dilihat anaknya,” katanya.

Baca juga:  Mendobrak Stigma Negatif Masyarakat Terhadap Aborsi 

Mengutip pernyataan Rishad Patel, Co-Founder Splice Media, “Pada akhirnya, media adalah tentang layanan.” Screen Score adalah wujud layanan digitalMamaID untuk semua orangtua. Mari bersama-sama menciptakan ruang digital yang aman untuk anak-anak.

”Terima kasih kepada semua ibu yang telah membantu mewujudkan mimpi besar menghadirkan ruang digital aman untuk anak-anak kita,” pungkas Ratna.(rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Gaya Energi Feminin: Keseimbangan Antara Energi Gelap dan Terang

Sejarah Gerakan Feminisme di Indonesia

Sejarah Gerakan Feminisme di Indonesia

Cahaya Perempuan Women Crisis Centre

Supporting 23 villages and 9 sub-districts, CP WCC’s efforts to reduce domestic violence rates in Bengkulu

Leave a Comment