Home » News » Mengenal 6 Tipe Kepribadian Perempuan, Apa Bedanya?

Mengenal 6 Tipe Kepribadian Perempuan, Apa Bedanya?

Yuni Camelia Putri

News

Mengenal 6 Tipe Kepribadian Perempuan, Apa Bedanya

Bincangperempuan.com- Perempuan memiliki berbagai tipe kepribadian yang unik dan menarik. Perbedaan tipe kepribadian yang dimiliki perempuan telah mempengaruhi cara berinteraksi, menjalani kehidupan, dan posisinya dalam mengambil keputusan. Umumnya, seseorang mencari tahu tipe kepribadian untuk kepentingan pribadi atau urusan pekerjaan.

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengenal kepribadian setiap perempuan. Biasanya, kepribadian perempuan dapat dilihat melalui MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), zodiak, dan DISC. Selain melihat kepribadian perempuan melalui tiga cara diatas, kepribadian perempuan dapat dilihat melalui karakteristiknya di kehidupan sehari-hari. Setidaknya, terdapat 6 jenis tipe kepribadian yang dikenalkan oleh Christine Celler selaku Relationship Expert & Domestic Violence Counselor. Menurut Christine Celler, tipe kepribadian perempuan terbagi atas 6 tipe yaitu Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, dan Sigma.

Dari keenam kepribadian tersebut, tipe alpha menjadi kepribadian yang banyak dibahas di media sosial. Selain itu, perempuan beta menjadi tipe kepribadian yang paling umum dengan karakteristik yang pasif, santai, dan sensitif. 

Nah, buat kamu yang penasaran tipe kepribadian perempuan selain alpha dan beta, yuk baca sampai selesai!

Alpha

Perempuan alpha merupakan perempuan yang kompetitif dan mendominasi berbagai situasi. Perempuan alpha memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan tidak memerlukan validasi dari sekitarnya. Dia sangat mencintai diri sendiri dan mengenal value yang dimiliki sehingga dipandang menarik oleh banyak orang.

Perempuan alpha dilihat sebagai sosok yang kuat dalam berbagai kondisi. Hal ini menjadikan mereka kerap kali dipercaya sebagai pemimpin yang menginspirasi dan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Selain itu, sosok perempuan alpha cenderung cerdas dan mandiri sehingga mendorong mereka untuk berorientasi dengan karir dan keluarga.

Beta

Perempuan yang memiliki kepribadian beta cenderung suportif dan dapat dipercaya. Namun, tipe kepribadian beta cenderung lebih pasif karena tidak terlalu percaya diri dan lebih santai. Perempuan yang memiliki tipe kepribadian beta bersifat kurang dominan dan lebih suka dipimpin oleh seseorang. Ciri khas dari tipe kepribadian ini adalah kolaboratif, menghindari konflik, tenang, suka menolong, dan penyayang.

Baca juga: Kehamilan Tak Diinginkan dalam Pernikahan

Perempuan beta dikenal sangat sensitif terhadap perasaan orang lain sehingga mereka mudah tersentuh. Sifat yang dimiliki perempuan beta membuat mereka lebih mendahulukan kepentingan orang lain diatas kepentingan sendiri. Sifat yang disukai dari tipe kepribadian beta adalah mudah beradaptasi, ramah, simpatik, dan tenang.

Omega

Perempuan omega identik dengan kepribadian yang pemalu dan kutu buku. Tipe kepribadian ini berada di antara alpha dan beta sehingga cenderung berpindah dari satu pola pikir ke pola pikir lainnya tetapi tidak terlihat sepanjang waktu.

Perempuan omega memiliki ciri khas seperti pemalu, pendiam, sensitif, rapuh, jeli, dan analitis. Meskipun begitu, mereka cenderung lebih baik dalam menilai seseorang sehingga hubungan yang dibangun akan lebih erat dan langgeng kedepannya. Karakter yang dimiliki oleh perempuan omega sangat cocok untuk dijadikan pasangan karena mereka sangat setia dan romantis dengan pasangannya.

Gamma

Perempuan yang memiliki tipe kepribadian gamma dikenal sebagai sosok yang terorganisir dan tujuan hidupnya jelas. Perempuan gamma suka dengan petualangan. Kesadaran diri yang dimiliki oleh perempuan tipe ini membuat mereka cenderung lebih berhati-hati.

Perempuan gamma sangat pandai mengendalikan emosi orang lain tetapi sulit mengendalikan emosinya sendiri. Kepribadian ini dianggap sebagai kepribadian perempuan paling umum setelah beta sehingga dinilai lebih ideal bagi laki-laki. Ciri khas dari perempuan gamma adalah kreatif, berkomitmen tinggi, terorganisir, tanggap, dan disukai banyak orang.

Delta

Perempuan yang memiliki kepribadian delta dikenal sebagai sosok yang mirip dengan alpha. Sama halnya dengan perempuan alpha, tipe perempuan delta memiliki kemampuan komunikasi yang dapat mempengaruhi orang-orang sekitarnya. Sayangnya, perempuan delta memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah dalam hubungan yang dijalani.

Baca juga: Memperjuangkan Kesehatan Reproduksi Perempuan

Masalah kepercayaan diri yang dimiliki oleh perempuan delta disebabkana oleh pengalaman negatifnya. Perempuan delta memiliki kemampuan yang kuat dalam mengatur keuangan, komunikasi, dan selalu menjaga penampilannya. Kemampuan komunikasi yang baik telah mengantarkan perempuan delta mencapai kesuksesannya. Ia juga memiliki pemahaman yang mendalam, mudah beradaptasi, pandai menghibur dan peka terhadap sekitarnya. Ciri khas perempuan delta adalah berjiwa bebas, perfeksionis, pendengar yang baik, dan berjiwa sosial tinggi.

Sigma

Tipe kepribadian perempuan yang terakhir adalah sigma. Perempuan sigma memiliki jiwa pemimpin seperti perempuan alpha tetapi cenderung lebih emosional. Mereka lebih memilih untuk bekerja secara sendirian dibandingkan bersama orang lain. Hal ini karena perempuan sigma merasa bekerja sendiri dapat membuat mereka berpikir lebih dalam tanpa dipengaruhi oleh pendapat orang lain.

Selain percaya diri, perempuan sigma dikenal sebagai sosok yang misterius dan menarik. Kebanyakan orang yang bertemu dengan mereka senantiasa berusaha untuk mengenalnya lebih jauh. Kepribadian yang misterius membuat banyak orang merasa sulit untuk mendekati dan memahami perempuan sigma. Padahal, perempuan sigma yang menjalin hubungan dikenal sebagai sosok yang royal dan suportif terhadap pasangannya.(**)

Sumber:

  • Liz Garcia, 2021. “6 Female Personalities: Alpha vs. Beta vs. Gamma vs. Omega vs. Delta vs. Sigma”, dalam oolipo
  • Nur Tazkiyah Sejati, 2023. “Mengenal 6 Jenis Kepribadian Perempuan, Kamu Termasuk yang Mana?”, dalam IDN Times Jogja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

gerakan perempuan, karakteristik perempuan menurut Christine Celler, kepribadian setiap perempuan

Artikel Lainnya

SIRCLO Dukung Penguatan Peran Perempuan dalam Ekonomi Keluarga Hingga Nasional

Obsesi Sensual pada Bra dan Payudara

Obsesi Sensual pada Bra dan Payudara

Bayang-bayang Kekerasan Seksual Menghantui Perempuan dan Anak di Tanah Syariat

Leave a Comment