Home » Kesehatan » Punya Mata Panda? Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Punya Mata Panda? Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Yuni Camelia Putri

Kesehatan

Bincangperempuan.com- Lingkaran hitam atau yang dikenal mata panda kerap menjadi permasalahan kecantikan yang dialami setiap orang. Dilansir dari Cleveland Clinic, mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata adalah menggelapnya kulit di bawah mata yang membuat seseorang terlihat lelah atau lebih tua dari usia sebenarnya. 

Kemunculan mata panda dapat disebabkan kurang tidur, genetika, penuaan, stres, gaya hidup yang buruk, hingga faktor lingkungan. Meskipun demikian, mata panda tidak berbahaya bagi kesehatanmu lho, B-Pers!

Duh, tapi mata bikin kamu nggak percaya diri banget, kan? Untuk menghilangkan mata panda, kamu dapat melakukan perawatan secara alami, menggunakan kosmetik, atau mengunjungi klinik kecantikan. Sebelum memilih perawatan yang kamu inginkan, kamu harus mengenali apa saja penyebab, gejala, dan perawatan yang tepat untuk menghilangkan mata panda lho, B-Pers!

Kira-kira apa aja sih penyebab dan tips untuk mata panda? Yuk, kepoin penjelasannya disini!

Baca juga: Drakor ‘Queen of Tears’, Kritik Patriarki dan Berbagai Hal Penting bagi Perempuan

Penyebab Munculnya Mata Panda

Kemunculan mata panda pasti buat kamu jadi risih banget ya, B-Pers! Selain terlihat lebih tua, mata panda dapat merusak make up kamu yang udah perfect banget nggak, sih? Lantas, apakah kemunculan mata panda hanya disebabkan oleh kebiasaan begadang saja?

Faktanya, mata panda dapat disebabkan oleh berbagai alasan lho, B-Pers! Seiring bertambahnya usiamu, kulit di bawah mata akan mengendur dan menipis sehingga pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih terlihat. Kondisi ini menyebabkan kulit di area bawah matamu menggelap dari kulitmu. Selain itu, beberapa penyebab lain munculnya mata panda, seperti:

Genetik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa genetik dari orang tua berkontribusi perkembangan POH yang menyebabkan munculnya mata panda. Sebuah studi yang dilakukan oleh Pratik B Sheth di tahun 2014 menemukan jika 63% genetik dari keluarga memiliki hubungan yang kuat dengan POH. Biasanya, sifat ini terlihat di awal masa kanak-kanak dan menjadi lebih terang atau lebih gelap seiring berjalannya waktu.

Usia

Usia menjadi salah satu penyebab paling umum dari kemunculan mata panda. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengendur dan menjadi lebih tipis. Selain itu, kamu akan mengalami penurunan lemak dan kolagen yang membantu menjaga elastisitas kulitmu lho, B-Pers! Terakhir, penuaan juga menyebabkan kantung matamu terlihat lebih cekung.

Kelelahan

Kelelahan dapat disebabkan oleh kurang tidur atau terlalu banyak tidur sehingga membuat kulit tampak lebih kusam dan pucat. Akibatnya, jaringan dan pembuluh darah di bawah kulitmu akan terlihat lebih jelas. Jika kamu kurang tidur, terjadi penumpukan cairan di bawah mata yang membuat matamu terlihat membengkak dan lebih gelap.

Alergi

Meskipun terdengar asing, alergi menjadi pemicu timbulnya mata panda lho, B-Pers! Reaksi alergi muncul ketika tubuh melepaskan histamin untuk melawan bakteri atau virus yang masuk ke tubuh. Hal ini menyebabkan mata merah, bengkak, dan terasa gatal. Reaksi alergi ini diikuti oleh mata kering yang menyebabkan peradangan dan pecahnya pembuluh darah yang mengarah ke pigmentasi pasca inflamasi.

Dehidrasi

Ketika tubuhmu mengalami dehidrasi, kulit di bawah mata akan terlihat lebih kusam dan mata menjadi lebih cekung karena berkembangnya POH. Akibatnya, area di bawah mata menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Paparan sinar matahari yang berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan terbentuknya mata panda lho, B-Pers! Terlalu banyak terpapar sinar matahari memicu tubuh membuat lebih banyak melamin atau pigmen yang memberikan warna pada kulit manusia. Produksi melamin yang berlebihan memicu munculnya hiperpigmentasi.

Anemia

Anemia menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda. Studi yang dilakukan oleh Pratik B Sheth mencatat bahwa 50% dari partisipan memiliki mata panda ketika menderita anemia. Meskipun begitu, mata panda turut menghilang ketika anemia telah diobati.

Gaya hidup yang tidak sehat

Gaya hidup memiliki pengaruh yang kuat terhadap kemunculan mata panda. Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol, merokok, tidak berolahraga, dan stres dapat menyebabkan munculnya mata panda.

Baca juga: Sexual Grooming, Bentuk Kekerasan Seksual yang Jarang Disadari

Tips Menghilangkan Lingkaran Hitam Di Bawah Mata

B-Pers, kamu pasti penasaran tentang cara untuk mata pandamu, kan? Tenang saja, kamu dapat memilih perawatan secara alami atau medis. Pertama-tama, yuk kenali tips perawatan secara alami untuk menghilangkan mata panda di rumah.

Tidur yang cukup

Jika kamu biasanya tidur berlebihan atau kurang tidur, cobalah untuk tidur setidaknya tujuh jam setiap malam untuk mencegah munculnya mata pandamu.

Gunakan lebih banyak bantal

Gunakan beberapa bantal tambahan untuk meninggikan kepalamu ketika tidur. Cara ini dilakukan untuk mencegah cairan menumpuk di bawah matamu sehingga mengurangi mata membengkak.

Kompres dengan air dingin atau es

Mengompres mata dengan air dingin atau es dapat membantu mengencilkan pembuluh darah yang melebar sehingga mata tidak membengkak dan memiliki lingkaran hitam di bawahnya.

Gunakan mentimun

Kamu dapat meletakkan irisan mentimun pada matamu. Mentimun dipercaya dapat mengatasi mata yang membengkak karena mengandung banyak vitamin C dan air.

Gunakan teh celup

Meletakkan kantong teh celup dingin di bawah mata dapat meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan kafein dan antioksidan dalam teh dapat mengurangi mata panda.

Memijat area mata

Memijat area mata dapat melancarkan sirkulasi darah di area matamu lho, B-Pers! Cara ini dipercaya dapat membantu untuk mengatasi mata panda.

Selain perawatan secara alami, kamu dapat melakukan perawatan medis dengan mengunjungi dokter kecantikan lho, B-Pers! Perawatan medis dapat menghilangkan mata panda secara cepat dan permanen. Beberapa pilihan perawatan medis untuk menghilangkan mata panda yang dapat kamu pilih, diantaranya:

Terapi laser

Terapi laser dapat membantu meremajakan dan mengencangkan kulitmu lho, B-Pers! Kamu dapat memilih terapi laser untuk memudarkan mata panda.

Chemical peels

Chemical peels dilakukan dengan menggunakan asam alfa hidroksi untuk mengurangi pigmentasi di bawah matamu.

Tissue fillers

Tissue fillers dilakukan dengan menyuntikkan gel asam hialuronat untuk memudarkan mata panda dan menghaluskan kulit di area mata.

Operasi kelopak mata

Operasi kelopak mata menjadi perawatan medis yang memberikan hasil instan dalam mengatasi mata panda. Perawatan jenis ini dilakukan dengan menghilangkan lemak dan kulit berlebih yang menggelap di area mata.

Suntikan Platelet-rich plasma (PRP)

Suntikan Platelet-rich plasma dapat memperbaiki area kulit di sekitar mata, memperkuat kolagen, dan mempercepat pertumbuhan pembuluh darah.

Sumber:

  • Cleveland Clinic Team, 2022. “Dark Circles Under Eyes”, dalam Cleveland Clinic
  • Kiara Anthony, 2024. “What Causes Dark Circles Under Your Eyes?”, dalam healthline

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

mata panda, panda eyes

Artikel Lainnya

Premenstrual Syndrome, Gejala dan Cara Mengatasinya

Serba Serbi tentang Bra yang Harus Diketahui

Apa yang Perlu Diketahui tentang Hari Kebersihan Menstruasi

Leave a Comment