Home » Cek Fakta » [HOAKS] Helmy Yahya dan dr. Terawan Promosikan Obat Diabetes

[HOAKS] Helmy Yahya dan dr. Terawan Promosikan Obat Diabetes

Bincang Perempuan

Cek Fakta

Bincangperempuan.com- Video di media sosial menampilkan presenter nasional Helmy Yahya dan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mempromosikan obat diabetes.
Namun, berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, video tersebut merupakan hasil manipulasi. Manipulasi video Helmy dan Terawan mempromosikan obat diabetes dibagikan oleh akun Facebook ini (arsip).

Saat video menampilkan gambar Helmy terdapat narasi sebagai berikut: 

Saya sembuh dari diabetes dokter meresepkan obat ini dan sekarang gula darah saya normal dan gejala-gejala yang tidak menyenangkan hilang. Saya merekomendasikannya.

Sementara, saat gambar Terawan narasi yang muncul yakni:

Mulailah mengonsumsi produk ini, cukup satu kapsul sehari dan kadar gula darah ada akan kembali normal. Saya jamin semua gejala akan hilang hanya dalam waktu dua minggu. Di Indonesia lebih dari 15.000 penderita diabetes telah sembuh hanya dalam waktu satu bulan pengobatan.

Kendati demikian, dalam konten itu tidak terdapat penjelasan mengenai produk obat yang dimaksud.

HASIL CEK FAKTA

Jika dicermati, suara yang mempromosikan obat diabetes dalam video tidak selaras dengan gerak bibir Helmy dan Terawan. Setelah ditelusuri, video yang diunggah di Facebook itu merupakan gabungan dua klip dari sumber berbeda. Klip yang menampilkan Helmy identik dengan video di kanal YouTube Helmy Yahya Bicara ini. Dalam video itu, Helmy tidak membahas soal obat diabetes, namun ia bercerita soal 10 wawancara yang berkesan bagi dirinya.

Sementara, klip yang menampilkan Terawan identik dengan video di kanal YouTube CNN Indonesia ini. Terawan juga tidak membahas mengenai obat diabetes. Video tersebut berisi hasil wawancara dengan Terawan terkait sejumlah tantangan yang akan dihadapi setelah dilantik menjadi Menteri Kesehatan pada 2019.

KESIMPULAN

Video yang menampilkan Helmy Yahya dan Terawan Agus Putranto mempromosikan obat diabetes merupakan hasil manipulasi. Video tersebut merupakan gabungan dua klip dari sumber yang berbeda. Dalam video aslinya, Helmy dan Terawan tidak membahas mengenai obat diabetes.

Rujukan

https://www.facebook.com/reel/686100793513428
https://ghostarchive.org/archive/dnwMy
https://t.me/kompascomupdate

*) Artikel ini direpublikasi dari website cekfakta.com

Hoaks Promosi Obat Diabetes

Artikel Lainnya

Cek Fakta Video Perempuan Melahirkan 9 Anak

Keliru, Video Perempuan Hamil dan Melahirkan 9 Bayi Sekaligus

[SALAH] 19 Pengungsi Rohingnya Ditangkap Polres Bengkulu

(Hoax) Sebagai Bangsa Pecinta Klenik atau Mistis, Video Ini Pasti Dipercaya Sebagai Video Asli Padahal Hoax

Leave a Comment