Home » News » Menjadi Perempuan Ambis dan Sukses? Ini yang Dapat Kamu Lakukan!

Menjadi Perempuan Ambis dan Sukses? Ini yang Dapat Kamu Lakukan!

Yuni Camelia Putri

News

Bincangperempuan.com- B-Pers, pernahkah kamu merasa kagum dengan kesuksesan seorang perempuan yang kamu lihat di media sosial atau kehidupan sehari-hari? Tentunya terselip rasa kamu mungkin menginginkan hal serupa? 

Sayangnya, ketika ada dirimu atau perempuan lain mulai memiliki ambisi alias mimpi, tidak sedikit ada yang memberikan komentar negatif seperti ‘jangan terlalu ambis, nanti nggak ada jodoh!’.  Atau ‘untuk apa sih kejar pendidikan, toh nanti cuma di rumah!’ 

Kata-kata seperti ini umum dilontarkan oleh pihak-pihak yang tidak menyukai perempuan ambisius dalam mengejar mimpinya. Stigma negatif terhadap perempuan yang ambisius seperti berusaha mengurung perempuan tersebut untuk tidak menjadi versi terbaiknya.

Pandangan negatif masyarakat terhadap perempuan ambisius tidak hanya menjadi tantangan yang kerap dihadapi. Beberapa penelitian menemukan bahwa tantangan ini telah mempengaruhi kepercayaan diri perempuan untuk mempertahankan ambisi terhadap kualitas dirinya.

Bias gender di masyarakat dan kurangnya kesempatan bagi perempuan menimbulkan kekecewaan besar ketika perempuan telah mencapai puncaknya. Meskipun demikian, buku yang berjudul “Necessary Dreams: Ambition in Women’s Changing Lives” karya Anna Fels menjelaskan bahwa perempuan harus mempertahankan ambisi dan percaya bahwa tujuan mereka dapat dicapai dan akan mendapatkan hasil yang sepadan dengan usahanya.

Nah B-Pers, apakah kamu tahu jika perempuan yang ambisus kerap dikagumi berjuang untuk mencapai kesuksesannya? Faktanya! Perempuan ambisius kerap dikaitkan dengan semangat, empati, fleksibilitas, terstruktur, dan memiliki tujuan yang jelas. Hal ini membuat mereka dikenal sebagai sosok yang memiliki wawasan yang luas untuk mencapai tujuannya.

Nah sekarang, apa saja sih kebiasaan perempuan yang ambisius sehingga mereka bisa sukses? Yuk, baca penjelasannya sampai akhir!

Baca juga: Jomblo, “Kutukan” atau Keuntungan? Ini Penjelasannya

Kebiasaan Perempuan Ambisius dan Sukses

Definisikan sukses versimu

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang sukses. Ada yang beranggapan sukses adalah ketika memiliki banyak benda dan tebalnya rekening di usia yang masih relatif muda. Ada pula yang menempatkan suksesnya dengan mengelilingi 100 negara sebelum berusia 35 tahun. Masing-masing berbeda bukan? 

Untuk itu, kamu tidak perlu menyamakan kesuksesan orang lain dengan kesuksesanmu. Meskipun demikian, kamu dapat menjadikan kesuksesan mereka sebagai motivasi untuk memperkuat ambisimu dalam mencapai kesuksesan.

Mendefinisikan kesuksesan sesuai versimu dapat memotivasi kamu untuk maju dan berkembang. Hal ini menjadikan kamu lebih fokus dengan tujuan hidup, mengembangkan keterampilan, dan meraih pencapaian yang memuaskan.

@bincangperempuan

Don’t settle for the less, girls✨ Hehe, gapapa dibilang ambis yang penting bisa jadi the best version of myself and my love, bukan begitu girls?🤗 #perempuanbisa #perempuanberdaya #womansupportwoman #bincangperempuan

♬ suara asli – yp – Radio Tiktok FM

Tentukan tujuanmu

Selain mendefisikan sukses sesuai versi dirimu, kamu dapat menetapkan tujuan yang jelas. Langkah ini dilakukan untuk membuatmu menjadi lebih ambisius dalam mengembangkan kualitas diri.

Kenapa hal ini penting? Singkatnya, ketika kamu tidak memiliki tujuan, kamu akan terus terjebak dalam kebiasaan buruk dan menghabiskan waktu tanpa tujuan yang jelas serta membuat perasaanmu semakin terombang-ambing.

Kamu dapat menetapkan tujuan yang lebih masuk akal untuk dirimu sendiri, lho! Selanjutnya, kamu dapat membuat daftar langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai tujuanmu. Buat plan A, B hingga C untuk mencapai mimpi kamu. Selain itu, tetaplah fokus pada tujuanmu dan selalu fleksibel. Jika diperlukan, mintalah bantuan dengan orang disekitar untuk mencapai tujuanmu ya, B-Pers!

Baca juga: Sentimen Negatif, Ketika Janda Menikah Lagi 

Kelilingi dirimu dengan orang yang ambisius dan termotivasi

Setiap perempuan yang sukses selalu dikelilingi oleh orang-orang yang berpikiran sama. Untuk itu, kamu dapat menerapkan langkah yang sama, lho! Cobalah untuk kelilingi dirimu dengan orang yang memiliki ambisi yang kuat dan senantiasa termotivasi. Buat  support sistem untuk dirimu, jangan sungkan untuk mengetuk pintu dan mencari mentor.  Hal ini akan meningkatkan kualitas dirimu lho, B-pers!

Jangan menunda-nunda

Menunda-nunda dapat menurunkan motivasimu untuk mencapai versi terbaikmu. Untuk itu, kamu harus segera memulainya dengan langkah-langkah kecil untuk mendapatkan versi terbaik dari dirimu. Mulailah dengan rutin berolahraga, membaca 2 halaman buku, atau mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Tak hanya itu, kamu dapat mengubah mindsetmu untuk menghindari sikap yang suka menunda-nunda.

Berinvestasilah pada diri sendiri

Berinvestasi dengan diri sendiri dapat dilakukan dengan rajin membaca buku, mengonsumsi makanan sehat, atau merawat dirimu. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap diri sendiri yang dapat dilakukan pada waktu luang. Kamu juga dapat mempelajari keterampilan baru atau menentukan gaya berpakaianmu. Lakukan hal ini sebagai bentuk investasi bagi diri sendiri dengan niat yang kuat ya, B-Pers!

Mulai dengan menerima kehidupanmu

Banyak orang mengeluh dengan kehidupan yang dijalaninya. Meskipun dianggap normal, hal ini justru akan menurunkan ambisimu untuk mencapai mimpimu, lho! Tak hanya itu, kamu dapat menghabiskan waktumu bersama keluarga dan orang terdekat agar lebih menghargai kehidupanmu. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kesehatan fisik, menghabiskan waktu di luar rumah, dan mengonsumsi makanan yang bergizi ya, B-Pers!

Rayakan setiap pencapaianmu

Setiap perempuan dapat menghargai pencapaian yang dimiliki untuk mempertahankan tekad dan semangatmu untuk menjadi perempuan yang lebih baik lho, B-Pers! Kamu dapat merayakannya dengan meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan membeli barang kesukaanmu atau pergi liburan keluar kota. Hal ini dilakukan agar kamu senantiasa termotivasi untuk mencapai keinginanmu dan tidak menghindari kegagalan yang tidak diinginkan.

Lakukan perawatan diri

Perempuan yang ambisius terhadap kualitas dirinya tidak pernah melupakan perawatan diri, lho! Untuk itu, kamu dapat merawat dirimu dengan istirahat yang cukup, berolahraga, mengelola stres, melakukan meditasi, dan menggunakan produk perawatan wajah dan badan yang tepat. Nah, perawatan diri dapat membantumu untuk merasa lebih baik dan mengurangi stres sehingga kamu tetap memiliki tekad yang kuat untuk berkembang lho, B-Pers!(**)

Sumber:

  • BetterHelp Editorial Team, 2023. “Ambitious Women: 7 Habits They Have In Common”, dalam betterhelp
  • Bonnie Marcus, 2015. “The 7 Most Effective Ways For Women To Own Their Ambition”, dalam Forbes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Dewan Pers Keluarkan Peraturan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Pers

Dewan Pers Keluarkan Peraturan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual

Perlunya Mekanisme Pelindungan Hak Ekosob PPHAM

Stroberi, Siasat Cerdas Perempuan Desa

Leave a Comment