Home » News » “Centil Era”, Memberdayakan Perempuan dengan Cara Positif

“Centil Era”, Memberdayakan Perempuan dengan Cara Positif

Yuni Camelia Putri

News

Centil artinya

Bincangperempuan.com- BPer’s siapa di sini yang ikutan bikin konten tren TikTok “centil era”? Tapi, apa sih yang dimaksud dengan centil? Centil artinya menggambarkan gaya berpakaian atau perilaku yang lebih playful dan tidak terlalu serius.

Dalam konteks TikTok, centil era adalah tren yang mengacu pada gerakan yang mendorong penampilan yang lebih natural, pengakuan diri, dan penolakan terhadap norma-norma kecantikan yang berlebihan atau tidak realistis.

Di era modern ini, tren TikTok “centil era” menjadi panggung bagi perempuan yang ingin menunjukkan kepercayaan diri, rasa cinta terhadap dirinya hingga aura kecantikan yang mendominasi. 

Tidak hanya menghargai kecantikan fisik, tetapi juga merangkul kecantikan batin dan kehidupan yang lebih bermakna. Fenomena “centil era” berfokus pada eksplorasi dan merayakan kecantikan dari dalam hingga luar.  Serta mengajak seluruh perempuan untuk menemukan makna kecantikan sesungguhnya.

Baca juga: Penerapan Teknologi AI pada Industri Kecantikan

Melawan Streotip Kecantikan yang Problematik

Tren TikTok “centil era” telah muncul sebagai fenomena yang menantang stereotipe kecantikan yang sudah lama mengakar dalam budaya populer. Istilah “centil” sering kali digunakan untuk menggambarkan gaya berpakaian atau perilaku yang lebih playful dan tidak terlalu serius. Dalam konteks TikTok, “Centil Era” mengacu pada gerakan yang mendorong penampilan yang lebih natural, pengakuan diri, dan penolakan terhadap norma-norma kecantikan yang berlebihan atau tidak realistis.

Tren ini mengajak perempuan untuk menantang paradigma dengan cara yang unik. Mereka yang mengikuti tren “centil era” menunjukkan bahwa setiap perempuan memiliki kecantikan yang beragam. Selain itu, mereka turut menolak norma-norma yang dinilai sempit tentang standar yang dianggap menarik.

BPer’s dapat melihat bagaimana perempuan telah diberdayakan secara individu untuk menerima dan merasa nyaman dengan diri sendiri. Mereka tidak harus mengorbankan identitasnya agar diterima oleh masyarakat. Sekali lagi, tren ini mempromosikan keberagaman dalam penampilan fisik dan gaya hidup.

Perempuan juga diajarkan untuk menolak representasi tubuh yang sempit dan tidak masuk akal. Hal ini dikarenakan standar yang ada kerap menciptakan citra tubuh yang berlebihan dan negatif. Selain itu, tren ini menjadi cara lain untuk mengajak generasi muda agar mencintai keunikan yang ada dalam dirinya meskipun dibatasi oleh standar kecantikan tertentu.

Baca juga: Salah Paham tentang Feminisme yang Perlu Dihilangkan

“Centil Era” : kecantikan batin

Selama ini, masyarakat merepresentasikan kecantikan hanya dari penampilan fisik yang dianggap sempurna. Ya, mereka melupakan bahwa kecantikan batin menjadi bagian dari “cantik” yang sesungguhnya. Di tren “centil era”, perempuan diingatkan pada nilai-nilai yang ada dalam dirinya.

Kecantikan batin mengacu pada keindahan berasal dari kepribadian, empati, sikap, dan kesadaran diri yang ada dalam diri seseorang. Konsep yang ditawarkan mendorong perempuan untuk menghayati serangkaian nilai-nilai yang positif.

Pertama, perempuan diajarkan untuk menyadari nilai diri melalui penerimaan terhadap diri sendiri. Hal ini tidak hanya tentang menerima diri apa adanya, melainkan turut merawat dan menjaga dirinya. Mereka yang menyadari nilai diri akan menjaga kesehatan, merawat tubuh, hingga berpakaian dengan baik. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan diri agar lebih bahagia.

Jika diperhatikan, BPer’s akan melihat perempuan yang mengikuti ini akan mempercantik dirinya, melalukan kegiatan positif untuk dirinya, mengenakan pakaian yang dianggap bagus dan disukainya, meromantisasi hidupnya, dan lainnya. Mereka secara konsisten akan mempertahankan perilaku ini untuk menonjolkan kecantikan batin yang luar biasa.

Kedua, tren “centil era” mengajak perempuan untuk mengembangkan dirinya. Kecantikan batin tidak hanya sebatas mempercantik diri, tetapi upaya untuk tumbuh dan berkembang secara spiritual, emosional, intelektual yang ada didalam diri. Hal ini akan membantu perempuan untuk memancarkan kecantikan yang tersembunyi di dalam dirinya.

Baca juga: Pentingnya Mendiskusikan Feminisme yang Plural dan Inklusif

Centil Artinya Menikmati Kehidupan yang Dimiliki

Ada banyak hal positif yang dibawa oleh tren “centil era” kepada perempuan di Indonesia. Salah satu hal positif yang dapat dirasakan adalah mengajak individu untuk menikmati kehidupan dengan cara yang lebih bermakna. Yups, tren “centil era” berfokus pada kebahagiaan yang tidak dapat dibeli dengan apa pun.

Centil artinya tren yang mendorong setiap perempuan untuk memandang dunia dengan cara yang lebih positif. Perempuan dapat memberikan penghargaan terhadap dirinya melalui momen-momen sederhana, memiliki hubungan yang sehat dan berarti, dan pengalaman yang bermakna.

Tren ini mengajak perempuan untuk merenung dan menyadari nilai positif di kehidupannya. Tentu saja, hal ini jarang dilakukan karena kesibukan dan permasalahan yang dihadapi membuat mereka mengabaikannya. Selain itu, mereka didorong untuk menghargai setiap hal positif yang ada dalam kehidupan sehari-hari dan membagikan kebahagiaan dengan orang lain. Pada akhirnya, tren ini telah menyadarkan perempuan untuk mengubah paradigma kebahagiaan dalam masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Sistem Garis Ibu di Masyarakat Adat Enggano

Apa Itu Efek Werther

Apa Itu The Werther Effect?

Fakta Soal Bra yang Harus Kamu Tahu

Leave a Comment