Home » News » Energi Feminin, Cara Untuk Memancarkannya

Energi Feminin, Cara Untuk Memancarkannya

Yuni Camelia Putri

News

Bincangperempuan.com- B-Pers, kamu pasti pernah mendengar istilah feminine energy atau energi feminin di media sosial, kan? Sebenarnya, apa sih energi feminin itu? Kenapa banyak influencer mendorong untuk mengeluarkan energi feminin?

Kebanyakan dari kita mungkin tidak akan menyadari kehadiran orang-orang yang memiliki banyak energi feminin. Hal ini terjadi karena lingkungan yang lebih menghargai ketegasan dan kekuatan daripada intuisi dan sensualitas, sehingga energi feminin kerap diabaikan. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki energi feminin dan maskulin. Untuk itu, kita harus menyeimbangkan keduanya untuk menjalani kehidupan yang memuaskan.

Menurut buku “The Alchemy of Feminine Power”, energi feminin digambarkan sebagai kekuatan vital yang dapat membantu seseorang untuk memulihkan dan membangkitkan energi intuitif. Energi intuitif ini berperan untuk menghubungkan diri sendiri dan menciptakan perubahan positif di dunia.

Kenapa Memancarkan Energi Feminin Penting Bagi Kehidupan?

Jika melihat betapa tabunya pembahasan energi feminin, kita dapat menyimpulkan bahwa energi ini selalu diabaikan oleh masyarakat terutama perempuan. Kenapa hal ini dapat terjadi?

Sekali lagi, budaya yang berkembang mendorong seseorang untuk mengedepankan energi maskulin daripada feminin karena lebih dihargai. Ketidakseimbangan ini berlangsung di lingkup individu maupun budaya. Akibatnya, kita menghabiskan sebagai besar waktu untuk bekerja dengan sedikit waktu untuk beristirahat atau berhubungan dengan orang lain.

Hal yang kerap dilupakan dari menghargai maskulinitas secara berlebihan adalah ketergantungan seseorang terhadap benda buatan manusia seperti ponsel atau laptop. Ketergantungan ini mendorong seseorang tidak dapat mengekspresikan dirinya atau memiliki waktu istirahat yang cukup. Lantas, bagaimana dengan energi feminin? Kenapa energi ini penting di kehidupan?

Energi feminin mendorong rasa kasih sayang dan empati dalam hubungan yang menghubungkan individu dengan individu lainnya. Selain itu, energi feminin dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang mendorong kemunculan ide-ide baru. Untuk itu, mempertahankan keseimbangan energi maskulin dan feminin dapat membangun kehidupan yang seimbang dan lebih baik.

Baca juga: Mary Kenner, Mengubah Sejarah Kesehatan Perempuan

Keuntungan Memancarkan Energi Feminin

B-Pers, kenapa sih kita didorong untuk memancarkan energi feminin dalam kehidupan sehari-hari? Apakah energi memiliki pengaruh yang kuat bagi diri sendiri?

Memancarkan energi feminin akan membantu seseorang untuk menjalani kehidupan berkualitas dan memiliki jati diri yang kuat. Energi feminin berperan untuk membangun kekuatan dalam hubungan pribadi, bersosialisasi, dan kehidupan professional yang lebih memuaskan. Beberapa keuntungan lain dari memancarkan energi feminin di kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  • Memiliki kecerdasan emosional yang berkualitas
  • Kemampuan bersosialisasi dengan orang lain yang kuat
  • Meningkatkan kreativitas dan kemampuan untuk mengekspresikan diri
  • Menarik hubungan yang lebih sehat dengan pasangan
  • Mudah untuk menetapkan dan mempertahankan batasan yang sehat dengan orang lain
  • Kemampuan komunikasi yang lebih baik
  • Menjaga kesehatan mental dan sistem kekebalan tubuh

Baca juga: Perempuan, Ujung Tombak Produksi Kepiting Bakau yang Berkelanjutan

Tips Memancarkan Energi Feminin

Energi feminin memberikan banyak keuntungan bagi seseorang dan sekitarnya. Memancarkan energi dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa harus menjadi “gadis feminin” untuk menggunakan energi feminin yang dimiliki. Perempuan yang memiliki energi maskulin yang kuat juga dapat memperoleh manfaat dari energi feminin jika ia berhasil menyeimbangkan kedua energi ini.

Melihat keuntungan dari memancarkan energi feminin, apakah kamu penasaran dengan cara untuk memancarkannya? Apakah energi feminin hanya dipancarkan oleh perempuan yang mengenakan pakaian yang feminin saja? Nah, berikut ini tips untuk kamu yang ingin memancarkan energi femininmu!

Hargai tubuhmu

Kamu pasti sering mendengar standar kecantikan perempuan yang dituntut untuk memiliki badan yang langsing, putih, dll. Standar kecantikan inilah yang membuat kamu membenci dirimu ketika tidak dapat memenuhinya. Ketika bercermin, kamu mungkin akan mencubit perutmu dan memandang buruk tubuhmu yang tidak memenuhi standar kecantikan yang gila.

Ingatlah bahwa tidak ada definisi kecantikan yang tepat di dunia ini. Kamu cantik dengan bentuk tubuh apapun!

Untuk memancarkan energi feminin, kamu harus menghargai dan mencintai tubuhmu. Apresiasi segala sesuatu yang berkaitan dengan tubuhmu untuk membangkitkan energi feminine yang ada dalam dirimu. Pada awalnya, kamu akan kesulitan karena terus memperhatikan penampilan fisikmu, tetapi percayalah bahwa memikirkan bentuk tubuh akan menghalangi energi feminin yang dimiliki.

Bersikaplah lebih kreatif

Energi feminin identik dengan sikap yang kreatif. Feminitas secara historis menggambarkan perempuan yang kreatif dengan berbagai keterampilan seperti menulis, menari, melukis, atau memikirkan ide-ide baru. Energi feminin memberikan kebebasan pada perempyan untuk mengekspresikan keinginannya.

Asah kemampuan mengelola emosimu

Feminin identik dengan nilai yang berkaitan dengan emosional daripada logika. Energi feminin membuat perempuan menjadi sosok yang peka terhadap sekitarnya. Kamu mungkin akan bingung dengan proses emosionalmu ketika ingin memancarkan energi feminin. Tenang saja, kamu dapat belajar untuk menyesuaikan diri dengan mendengarkan perasaanmu.

Tentukan batasan dengan orang lain

Untuk memancarkan energi feminine, kamu harus memiliki batasan yang kuat dengan orang lain. Batasan ini menandakan bahwa kamu harus membela dirimu di kondisi terburuk atau memutuskan hubungan dengan seseorang yang toxic.

Membuat batasan dapat membantumu untuk memancarkan energi feminin yang positif. Langkah ini juga mendorongmu untuk lebih memprioritaskan kebutuhan, menumbuhkan kesadaran diri, dan berkomunikasi dengan baik. Pada akhirnya, menetapkan batasan merupakan tindakan mencintai diri sendiri.

Menyadari kualitas dirimu

Menyadari kualitas dirimu dapat membantumu untuk memancarkan nilai feminin yang kuat. Ketika kamu mengetahui kualitas dirimu, kamu akan menyadari bahwa kamu pantas untuk dicintai dan diperlakukan dengan baik. Cobalah untuk percaya diri setelah kamu menyadari kualitas dirimu. Ingatlah bahwa kamu adalah perempuan yang berharga dan pantas untuk dihargai oleh siapapun.

Rangkullah sisi sensualmu!

Jika kamu berpikir bahwa sensualitas berkaitan dengan seksualitas, maka kamu berada dalam kesalahan besar. Sensualitas merupakan aspek penting dari energi feminin untuk membantumu merasa lebih hidup dan terhubung dengan tubuhmu. Merangkul sisi sensualmu dapat dilakukan dengan membangkitkan indramu, seperti mengenakan pakaian lembut, mandi air panas, atau meminum segelas coklat hangat di pagi hari. Cara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa damai dan keseimbangan batin.

Romantisasi kehidupanmu

Apakah romantisasi kehidupan sama dengan romantisasi yang dilakukan dengan pasangan? Meromantisasi kehidupan menandakan bahwa kamu menikmati setiap momen seolah-olah kamu adalah karakter utama dalam sebuah film.

Kamu dapat memanjakan dirimu dengan secangkir teh dan membaca buku di taman atau kafe yang disukai. Nikmati momen ini secara perlahan untuk memberikan ruang bagi dirimu yang cukup lelah. Meromantisasi kehidupanmu menjadi salah satu cara untuk menyadarkan bahwa kamu lah yang mengendalikanmu.

Sumber:

  • Ashley Knight, 2023. “How To Radiate Feminine Energy And Embrace Your Femininity”, dalam Think Aloud
  • Your Zen Growth Team, 2023. “The Ultimate Guide to Developing Your Feminine Energy”, dalam Your Zen Growth

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Energi Feminin, gerakan perempuan

Artikel Lainnya

Menghadapi Perubahan Iklim, Perempuan Petani Kopi Ajukan Ranperdes

Pengaduan PMI Perempuan Tahun 2022 Meningkat, Apa yang Terjadi?

Jangan ada lagi kekerasan seksual di lingkungan kerja

Jangan Ada Lagi Kekerasan Seksual di Lingkungan Kerja

Leave a Comment