Home » News » Suara.com dan Core Indonesia Siap Gelar Youth Economic Summit 2024

Suara.com dan Core Indonesia Siap Gelar Youth Economic Summit 2024

Bincang Perempuan

News

Bincangperempuan.com- Setiap kali dilakukan pembahasan ekonomi, seringkali fokus tertuju pada para ahli ekonomi, pelaku bisnis, akademisi, dan pejabat. Sebaliknya partisipasi anak muda masih belum optimal. Padahal, mereka memiliki banyak ide brilian, gagasan segar, kreativitas yang menginspirasi, dan karya-karya inovatif yang layak diperhatikan.

Apalagi Hasil Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik, menunjukan generasi Z yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012 mendominasi dengan jumlah sekitar 74,93 juta jiwa, atau 27,94% populasi

Untuk melibatkan lebih banyak lagi anak muda berperan aktif dalam isu ekonomi Suara.com dan Core Indonesia berkolaborasi menggelar Youth Economic Summit (YES) 2024, sebuah forum yang bertujuan untuk lebih melibatkan generasi muda dalam pembahasan isu ekonomi.

Peluncuran YES 2024 secara resmi ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, dan pendiri Core Indonesia, Hendri Saparini, Ph.D. Acara ini berlangsung di kantor Suara.com di Jalan Mega Kuningan Timur Blok C6 Kav.9, kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

“Program ini adalah untuk mengembangkan bakat dan minat para ekonom muda. Nantinya, hasil pemikiran mereka akan bermanfaat bagi bangsa. Isu ekonomi bukan hanya untuk senior, tapi juga bagi anak muda, khususnya bidang ekonomi hijau,” kata Suwarjono.

Baca juga: Keterlibatan Perempuan Gen Z dalam Perekonomian Nasional

“Anak muda terlibat di isu ekonomi. Ini melibatkan anak muda yang peduli isu ekonomi baik ekonomi hijau kreatif dan terkait ide-ide besar. Akan dilakukan secara simultan dari awal hingga akhir tahun. Kita akan libatkan sebanyak mungkin anak muda yang peduli dengan isu ekonomi. Dan kita ingin kegiatan ini bisa di-challenge lebih besar lagi,” lanjutnya.

Pendiri CORE Indonesia, Hendri Saparini mengatakan, banyak potensi ide dari anak muda yang bisa memajukan perekonomian. Menurutnya, Youth Economic Summit 2024 ini juga untuk mengenalkan anak muda terhadap isu-isu terbaru tentang ekonomi.

“Isu dengan ekonomi luas. Perlu anak muda supaya lebih paham dan mengemukakan ide ide-dan berani, berpartisipasi melakukan apa yang menjadi keahlian mereka dan potensi mereka,” ujar Hendri di Kantor Suara.com.

“Kick off sebenarnya sudah dilakukan Desember tahun lalu lewat event bertajuk Youth Economic Night. Ini adalah kali kedua, dan berharap ada kali ketiga, keempat, dan seterusnya,” lanjutnya.

Ditambahkan Hendri Saparini, selain researcher dan jurnalis, YES juga turut menggandeng para profesional muda, birokrat, termasuk analis legislator. Mengingat luasnya isu ekonomi, menurutnya dibutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Dengan mengikuti program YES, Hendri berharap para generasi muda mampu memahami masalah, mengungkapkan ide, sekaligus berani berpartisipasi, khususnya dalam bidang ekonomi.

Setelah diresmikan, Suara.com dan Core Indonesia sepakat untuk bersama-sama menjalankan program YES baik dalam hal sponsorship, microsite dan media sosial, konten, termasuk network.

Sebelumnya, Suara.com dan Core Indonesia lewat program YES sudah lebih dulu menggelar workshop bertajuk Ruang Gagasan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada 27 Februari. Acara ini melibatkan para anak muda yang terdiri dari BUMN Muda, ASN Muda, Pengusaha Muda, Akademisi, Komunitas, dan banyak lagi lainnya.

Baca juga: Retno Agustina Ekaputri: Kebijakan Ekonomi Harus Pro Perempuan

Youth Economic Summit (YES)

Youth Economic Summit atau disingkat YES merupakan program pelibatan kaum muda untuk mendukung kemajuan Indonesia melalui pengembangan ekonomi digital yang inklusif dan ekonomi hijau yang berkelanjutan. Sebuah serangkaian kegiatan tematik dalam setahun yang bermuatan edukasi, literasi, dan entertainment.

Youth Economic Summit pertama kali diadakan pada tahun 2023 dengan rangkaian kegiatan seperti kompetisi vlog, Youth Economic Night, dan penerbitan buku bertema digital dan ekonomi hijau.

Youth Economic Summit (YES) memiliki misi mengedukasi dan menginspirasi generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi aktif dan menghasilkan gagasan kekinian yang inklusif bagi kemajuan perekonomian Indonesia. Program Yes diharapkan mampu membentuk karakter generasi muda Indonesia yang profesional, kompetitif, kooperatif, serta beretika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Artikel Lainnya

Seksisme Diskriminasi terhadap Perempuan dan Anak Perempuan

Seksisme: Diskriminasi terhadap Perempuan dan Anak Perempuan

Retno Agustina, Satu-satunya Rektor Perempuan

Retno Agustina, Satu-satunya Rektor Perempuan PTN di Sumatera

Wadon Wadas (Masih) Melawan, Perjuangan Perempuan Menjaga Kelestarian Alam

Leave a Comment