Home » Event » Perkuat Bisnis Media, Bincang Perempuan Ikuti Advanced Mentoring for Media Sustainability

Perkuat Bisnis Media, Bincang Perempuan Ikuti Advanced Mentoring for Media Sustainability

Bincang Perempuan

Event

Bincangperempuan.com- Selama tiga hari, Selasa (23/04) hingga Kamis (25/04), media perempuan pertama di Bengkulu, Bincang Perempuan mengikuti Advanced Mentoring for Media Sustainability 2024 yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dengan dukungan Internews-USAID MEDIA, di Jakarta.

Turut serta empat media lainnya yakni Floresa.co (NTT), Beritabali.com (Bali), Serayu News (Jawa Tengah) dan Terkini.id (Makassar). Kelima media ini mendapatkan penguatan bisnis media, teknologi, dan sosial media.

Para mentor yang dihadirkan adalah figur-figur berpengalaman di bidang masing-masing, di antaranya, Jason Lambert (Senior Director of Media Business Unit Newsgain), Suwarjono (Pemimpin Redaksi Suara.com), Lucky Lokononto (Pemimpin Redaksi Berita Jatim), Upi Asmaradhana (CEO Kabar Grup Indonesia) dan Dimas Sagita (Head of Digital Revenue Suara.com).

Baca juga: Bincang Perempuan, Terpilih Mengikuti  Training Advance AMSI Didukung Internews-USAID MEDIA

Chief of Party Internews Indonesia Eric Sasono dalam sambutannya menyoroti tiga pilar utama yang menjadi fondasi bisnis media yang sehat, yakni kepercayaan, konten yang terpelihara dengan baik, dan ketahanan terhadap berita yang tidak sehat.

“Dalam era di mana media seringkali tergoda untuk mengejar sensasi yang tidak sehat, penting untuk membangun dasar yang kokoh untuk menjaga integritas dan kredibilitas. Untuk mendukung upaya-upaya tersebut, Internews dan USAID berkomitmen dalam memperkuat infrastruktur media lokal Indonesia, tentu dengan memperhatikan kualitas konten,” katanya.

Selain itu, Eric Sasono juga menekankan pentingnya kolaborasi dalam membangun industri media yang sehat dan berintegritas.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal AMSI, Maryadi dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu persoalan penting media di Indonesia, khususnya media online adalah pengembangan teknologi dalam digitalisasi media.

“Pada praktiknya, media di Indonesia kurang, bahkan tidak menerapkan seperti apa bentuk digitalisasi yang optimal, khususnya untuk media online,” katanya.

Baca juga: Local Media Summit dan Dukungan Untuk Media Perempuan 

Menurut Maryadi, peningkatan kapasitas dari segi newsroom, teknologi dan bisnis perlu dilakukan bukan hanya untuk media lokal, tapi juga dapat diterapkan oleh media nasional.

Setelah mengikuti mentoring secara luring, lima media terpilih akan melanjutkan dengan pendampingan secara daring selama tiga bulan dengan seluruh mentor terpilih. Mereka juga akan mendapatkan fellowship untuk pengembangan bisnis media. Diharapkan lima media yang terpilih itu akan menjadi role model yang baik di tingkat lokal, sehingga memperkuat posisi media siber dalam ekosistem media secara luas.

Di tengah era disrupsi digital yang berdampak luas pada sektor media, pelatihan yang diselenggarakan oleh AMSI atas dukungan Internews dan USAID MEDIA ini dapat menjadi pilihan tepat untuk mendukung inisiatif AMSI menjadikan media siber yang sehat bisnisnya dan berkualitas kontennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

gerakan perempuan, media perempuan, pengembangan media

Artikel Lainnya

Jangan asal klik, lindungi data pribadi

Jangan Asal Klik, Lindungi Data Pribadi

Cara Efektif Mencegah Kekerasan Melalui Peran Agen Perubahan

Peran Penegak Hukum Wujudkan Penghapusan KDRT

Peran Penegak Hukum Wujudkan Penghapusan KDRT

Leave a Comment